Fun Fact

8 Fakta Unik Jaringan 5G di Indonesia yang Harus Kamu Tahu!

Kehadiran 5G pertama di Indonesia yang diprakarsai oleh Telkomsel sedang ramai diperbincangkan. Selain kecepatan internet yang tidak perlu diragukan lagi, dampak kehadirannya mampu membantu perekonomian Indonesia lho! Kok bisa?

Rasendriya Zahra Nabilah2 Juni 2021

8 Fakta Unik Jaringan 5G yang Harus Kamu Tahu!

Jaringan 5G Telkomsel
Caption

Baru-baru ini Indonesia digemparkan dengan pemberitaan peresmian gelar jaringan 5G pertama di Indonesia oleh Telkomsel. Walau terbilang cukup terlambat dibanding negara lain, kehadiran 5G ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Apakah kamu salah satu orang yang menunggu kehadiran teknologi generasi kelima jaringan nirkabel ini? Kalau iya, wajib simak ulasan berikut ini ya!


1. 20 kali lebih cepat dibanding 4G

Teknologi ini digadang-gadang membuat kecepatan internet semakin cepat hingga 10 Gbps yang artinya 20 kali lebih cepat dibanding 4G. Hal ini mempermudah segala aktivitas yang menggunakan internet seperti streaming, download, gaming, bahkan konser virtual. Goodbye buffering!

2. Mampu menampung lebih banyak device

Teknologi 5G mampu menampung 1 juta device atau perangkat dalam radius 1 km2. Sangat menakjubkan di mana artinya teknologi ini 10 kali lebih banyak menampung perangkat dibandingkan teknologi 4G tanpa menurunkan kualitas jaringan.

3. Latensi lebih rendah

Latensi, waktu yang dibutuhkan untuk mengirim data, terbilang sangat rendah hingga 1 mili detik. Hal ini membuat koneksi jadi lebih responsif.

4. Tidak semua wilayah terjangkau JARINGAN 5g

Untuk tahap awal, jaringan 5G ini akan tersedia di sebagian dari 6 wilayah yaitu

  • Kelapa Gading (Jakarta Utara)
  • Pondok Indah (Jakarta Selatan)
  • Pantai Indah Kapuk (Jakarta Utara)
  • Bumi Serpong Damai (Tangerang Selatan)
  • Widya Chandra (Jakarta Selatan)
  • Alam Sutera (Tangerang Selatan)

Selain itu Telkomsel juga menyediakan layanan hotspot 5G di daerah tertentu. Cek lokasinya sekarang!

  • Medan, GraPARI Merah Putih
  • Kepulauan Riau, GraPARI Batam Center
  • Jakarta, GraPARI Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta
  • Bandung, Institut Teknologi Bandung
  • Bandung, Telkom University
  • Solo, GraPARI Solo
  • Surabaya, GraPARI Pemuda
  • Denpasar, GraPARI Renon
  • Balikpapan, GraPARI Mal Balikpapan Baru
  • Makassar, GraPARI Pettarani

Sebaiknya kamu yang tidak berdomisili di wilayah ini harap bersabar dulu ya!

5. Ga perlu ganti kartu

Nah bagi kamu yang berdomisili di daerah yang akan dijangkau teknologi ini, ga perlu khawatir harus ganti kartu di Grapari, kamu tetap bisa pake kartu yang lama dan gausah ganti. Praktis ya!

6. Digadang-gadang akan membangkitkan perekonomian

Tak hanya soal jaringan internet, dampak kehadiran 5G ini menjawab kebutuhan akibat pandemi saat ini seperti WFH (Work from Home) dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) yang diprediksi akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan hingga 22,8 juta dolar.

Sehingga ekonomi Indonesia akan naik hingga 13,1 trilliun. Wah! Semoga dilancarkan ya.

7. 5G akan membuka potensi layanan

Tidak hanya soal komunikasi antar manusia, 5G dapat mengintegrasikan jaringan komunikasi antara manusia dengan mesin (human to machine) dan jaringan komunikasi mesin dengan mesin (machine to machine).

8. Belum sempurna

Tidak bisa dipungkiri, teknologi ini sangat baru di Indonesia. Telkomsel sebagai yang memprakarsai akan berhadapan dengan berbagai hambatan, salah satunya ketersediaan frekuensi.

Sehingga adanya pemaksaan yang dilakukan, menyebabkan kurang optimalnya performa dari jaringan 5G. Peran kominfo diharapkan bisa saling bahu membahu untuk menyelesaikan permasalahan ini.


Nah itu dia fakta unik dari lahirnya 5G pertama kali di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan serta penyempurnaan. Salah satu dampaknya, tidak semua wilayah bisa menikmati teknologi canggih ini. Semoga secepatnya semua masyarakat Indonesia bisa segera merasakan pengalaman menggunakan teknologi 5G ini ya!

Share:

0 Komentar