Opini

2 Penyebab Mengapa Anda Tidak Suka Fisika

Walaupun dengan mempelajari fisika kita dapat mempelajari hal yang membentuk dunia ini, mengapa sebagian besar orang tidak menyukai fisika?

Ricsen14 Januari 2022

Sudah berapa lama Anda mempelajari fisika? Apakah Anda mengalami pembelajaran menyenangkan atau dipaksa menghafal semua rumus fisika sejauh ini?

Sebagai seorang teknisi sudah seharusnya Anda menyukai atau setidaknya tidak membenci pelajaran fisika. Hampir setiap ilmu teknik yang telah Anda pelajari menjadikan fisika sebagai pondasinya.

Hukum Ohm serta hukum Kirchoff dibutuhkan dalam menganalisa sirkuit. Prinsip induktansi dibutuhkan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik, dan masih banyak lagi.  

Apabila Anda membenci fisika, bagaimana Anda ilmu teknik seperti yang telah maupun belum disebutkan di atas? Berikut beberapa alasan mengapa sebagian besar orang tidak menyukai fisika.

1. Tidak tertarik terhadap fisika itu sendiri

Hal ini mungkin merupakan sesuatu yang pernah atau bahkan sedang Anda rasakan. Misalkan Anda diperintahkan melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai, apakah Anda akan bersemangat?

Faktor yang menyebabkan seseorang tidak suda fisika pun beragam, mulai dari pengajar, ketidakmampuan melakukan perhitungan matematis, tidak tahu esensi dari fisika, dan lain sebagainya.

Setiap orang juga memiliki hobi, ketertarikan, serta tujuan mereka masing-masing. Bagi Anda yang ingin meraih hal lain diluar fisika, akan cenderung mengabaikan mempelajari fisika. Misalkan tujuan Anda menjadi  penata rias, apakah Anda tetap akan mendalami ilmu fisika? Jelas tidak bukan?

Cobalah untuk merenung sejenak dan berpikir. Apa yang menjadi tujuan Anda dalam mempelajari fisika? Kalau Anda menemukannya, itulah dapat jadi motivasi untuk memperdalam ilmu fisika. 

2. Cemas berlebih karena perhitungan yang sulit dalam fisika

Seperti yang Anda ketahui, fisika mengandung rumus yang sangat banyak. Beberapa di antaranya sangatlah rumit untuk dipahami. Sebab, notasi matematikanya tidak umum DI kalangan pelajar yang baru mempelajari fisika. Beberapa orang yang telah lama mempelajari fisika masih merasa matematika dalam fisika itu sulit.

Salah satu rumus fisika yang kompleks adalah persamaan Schrödinger. Rumus ini menjelaskan apa yang akan dilakukan oleh objek kuantum di masa mendatang berdasarkan keadaannya saat ini.

Untuk mengatasi masalah ini, lihat bagaimana Albert Einstein, Isaac Newton, serta fisikawan lainnya menemukan suatu teori? Apakah rumus-rumus yang mereka kemukakan langsung jadi begitu saja? Tentu tidak!

Semua rumus fisika yang Anda pelajari datang dari percobaan dan pengamatan dari kejadian nyata. Apabila data penelitian yang diambil seorang fisikawan valid, ia bisa membuat kesimpulan melalui dalil maupun rumus fisika.

Rumus fisika diciptakan berdasarkan hasil observasi dan bukan sebaliknya. Jika selama ini Anda masih berpikiran sebaliknya, ubahlah mindset Anda. Apabila Anda memahami suatu fenomena fisika dan dapat menjelaskannya secara ilmiah, itu juga termasuk pemahaman akan fisika bukan?

Ya, kira-kira itulah beberapa alasan atas ketidaksukaan seseorang terhadap fisika. Apa yang menjadi alasan ketidaksukaanmu atau kejenuhanmu terhadap fisika?

Share:

0 Komentar