Pengetahuan

Mengenal Jenis-Jenis Sensor berserta Fungsinya

Sensor adalah alat yang dapat digunakan untuk mendetekfsi dan sering berfungsi untuk mengukur magnitude sesuatu

Seni Nurjanah11 September 2021

Sensor merupakan alat yang berguna untuk mengukur magnitude. Sensor berfungsi mengubah variasi mekanik, magnetis, panas, sinar dan kimia menjadi tegangan listrik.

Sensor punya peran pentingdalam proses pabrikasi modern karena bisa melakukan pegukuran. Sensor merupakan panca indra barang elektronik karena sangat ekivalen dengan mata, pendengaran, hidung dan menjadi otak mikroposesor dalam sistem otomasi.

Fungsi Sensor

Fungsi sensor untuk membaca kondisi sistem dan mengubahnya menjadi controller (pengendali). Adakalanya Sensor digunakan sebagai pembaca perintah dari operator.

Jenis-jenis Sensor

Sensor Photoelektrik

Photoelektrik adalah jenis sensor yang cara penginderaannya memakai cahaya. Sumber cahaya akan mengirim sinyal sesuai panjang gelombang tertentu. Penerima bertugas menangkap cahaya secara langsung atau melalui pantulan.

Supaya pengaturan cahaya tidak menganggu, maka penerima menggunakna filter yang hanya akan melewatkan cahaya ketika syaratnya terpenuhi yaitu nilai panjang gelombang sama dengan yang dipancarkan. Berdasarkan metode deteksinya, maka photoelektrik dibagi menjadi:

  1. Tipe separate

Sumber cahaya dan penerima terpisah namun saling berhadapan. Sensor akan aktif ketika objek melewati dan memotong jalur cahaya. Jarak antar pemancar dan penerima dapat diatur sesuai  karakteristik photoelektrik.

  1. Tipe difuse

Sumber cahaya dan penerima menjadi satu. Cahaya yang dipancarkan tersebar. Sensor akan aktif ketika benda yang di deteksi memantulkan cahaya. 

  1. Tipe reflection

Sumber cahaya dan penerima menjadi satu tetapi hanya dapat menerima ketika cahaya dipantulkan padaa sudut tertentu oleh cermin khusus. Cerimin khusus diberikan bersama photoelektrik. Sensor akan aktif jika cahaya tidak kembali oleh penerima.

  1. Tipe definite reflection

Sumber cahaya dan penerima menjadi satu, posisinya satu sumbu dimana sudut kemiringan pada sumber cahaya akan menentukan jarak objek yang akan dideteksi oleh titik fokus cahaya. Bila objek berada pada titik fokus tersebut, pantulan cahaya tidak datang dari titik fokus maka tidak akan tertangkap penerima dan sensor tidak aktif.

Pressure Sensor

Pressure Sensor/ Pressure Switch adalah alat pendeteksi tekanan. Tekanan udara dihasilkan oleh kompresor, tekanan air dihasilkan oleh pompa air, tekanan oli dihasilkan oleh pompa oli atau hydraulic unit, sedangkan steam dihasilkan dari boiler atau sisa pembakaran generator, dll.

Cara kerja pada bagian dalam sensor terdapat “set” untuk mengatur besarnya tekanan yang akan dideteksi, pengaturandapat mempengaruhi kinerja sensor. Contoh ketika sensor pada pengaturan rendah, maka pada saat ada tekanan masuk beberapa kg/cm saja, maka sensor mulai berkerja, begitupun sebaliknya.

Sensor Ultrasonik

Gelombang ultrasonik memiliki frekuensi gelombang suara lebih dari 20 KHz. Rangkaian pemancar ultrasonik disebut transmitter dan rangkaian penerima disebut receiver.

Sinyal ultrasonik yang dibangkitkan akan dipancarkan dari transmitter ultrasonik. Ketika sinyal mengenai benda penghalang, sinyal yang terpantul diterima oleh receiver. Sinyal yang diterima rangkaian receiver dan dikirim ke rangkaian controller supaya bida menghitung jarak benda di depannya (bidang pantul)

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait