Kreatifitas

Tips Untuk Mahasiswa Supaya Produktif Ketika Kuliah Online!

Sudah tahun kedua ini COVID-19 hadir di Indonesia, dampaknya pembelajaran dilakukan dengan daring/online. Banyak sekali keluhan ketika melaksanakan kuliah daring, lalu bagaimana agar tetap bisa produktif?

Seni Nurjanah19 Agustus 2021

Tips Tetap Produktif Kuliah Online!

Sudah tahun kedua COVID-19 hadir di Indonesia, dampaknya kegiatan pembelajaran dilakukan dengan daring/online. Banyak sekali keluhan dalam pelaksanaannya kuliah daring karena dinilai tidak efektif. Khususnya pada mata kuliah praktikum. Lalu bagaimana agar tetap bisa produktif? Khususnya untuk para mahasiswa baru mungkin merasa sangat kesulitan untuk bisa adaptasi dengan dunia perkuliahan secara daring. Yuk simak beberapa tips berikut ini.

1. Membuat Jadwal Harian

Sudah pasti setiap hari kita mempunyai jadwal yang berbeda. Maka, kita harus membuat jadwal harian dengan tepat. Tujuannya adalah agar kita punya kegiatan yang jelas sehingga waktu tidak terbuang dengan sia-sia dan tentunya tidak lupa dengan mencatat tugas-tugas utama perkuliahan.

2. Disiplin

Disiplin adalah hal yang paling utama karena dengan kebiasaan disiplin kita akan terbiasa mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu dan akan membentuk diri kita menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab.

3. Stop Mengerjakan Tugas H-1

Pada masa pandemi ini terkadang membuat kita terlena untuk bermalas-malasan, tetapi menunda pekerjaan itu sangat tidak baik hanya akan menimbulkan kebiasaan yang sangat merugikan. Dalam masa pandemi ini kuliah daring/online yang diberikan lebih banyak bahkan bisa sangat menumpuk.

4. Membuat Strategi

Strategi atau dengan kata lain perencanaan merupakan sesuatu yang harus dibuat oleh setiap mahasiswa, karena dengan strategi yang tepat kita bisa membuat perencanaan untuk lulus dengan tepat waktu pula.

5. Mengatur Kegiatan Organisasi

Mahasiswa dianjurkan untuk berorganisasi, dengan beroganisasi banyak sekali manfaat yang akan di dapat. Namun banyak pula mahasiswa yang kewalahan dengan jadwal kuliah dan organisasi maka dari itu sebagai mahasiswa baru harus bisa menentukan skala prioritas.  Tentunya jika tugas kuliah berbenturan dengan kegiatan organisasi kita dapat mengatur waktu untuk mengerjakan tugas kuliah terlebih dahulu setelah itu mengikuti kegiatan organisasi.

6. Webinar atau Pelatihan Online

Pada masa pandemi ini kegiatan seminar dilakukan secara online untuk mencegah kerumunan dan pencegahan penyebaran Covid-19, tetapi webinar atau pelatihan online dinilai efektif karena dengan di rumah saja kita bisa melakukan kegiatan yang sangat positif, menambah soft skill yang belum dikuasai , menambah wawasan baru.

 

Nah itu beberapa tips tetap produktif kuliah online di masa pandemi, meskipun sulit untuk adaptasi tetapi mau tidak mau harus tetap dilakukan. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Semangat!

 

Share:

0 Komentar