Industri

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Peluang dan prospek kerja lulusan teknik informatika setiap tahun semakin besar seiring perkembangan teknologi.

Teddy Alfansyah15 Juni 2021

Kira-kira apa saja prospek kerja lulusan teknik informatika, simak artikel dibawah ini!

lulusan teknik informatika
Photo by hitesh choudhary from Pexels

1. Full Stack Developer

Full stack developer merupakan gabungan dari front-end developer dan back-end developer. Untuk menjadi seorang full stack developer, minimal harus menguasai basic dari front-end developer dan back-end developer

2. Front-end Developer

Front-end developer merupakan programmer yang bertugas untuk membuat tampilan yang akan dilihat oleh pengguna. Untuk menjadi seorang front-end developer, kamu harus menguasai HTML, CSS, dan JavaScript. 

3. Back-end Developer

Back-end developer merupakan programmer yang bertugas dibelakang layar, back-end developer biasanya akan menangani bagian data dari sebuah website termasuk server dan database. Back-end developer juga akan bertugas merancang sistem dan API. Bahasa pemograman yang biasa digunakan back-end developer adalah Java, Python, Ruby, dan PHP.

4. Android Developer

Seorang android developer adalah programmer yang bertugas untuk merancang dan membuat aplikasi berbasis sistem operasi android. Untuk menjadi seorang android developer, kamu harus menguasai bahasa pemograman Kotlin ataupun Java. 

ios developer
Photo by Brett Jordan from Pexels

5. IOS Developer

IOS developer adalah programmer yang bertugas untuk merancang dan membuat aplikasi berbasis sistem operasi IOS dari Apple. Untuk menjadi seorang IOS developer, kamu harus menguasai bahasa pemograman Kotlin ataupun objective-C.

6. Game Developer

Game developer bertugas dalam pembuatan game yang pekerjaannya mencakup pembuatan audio, desain grafis, visual dan produksi aplikasi. Bahasa pemograman yang biasa dgunakan seorang game developer adalah C++.

7. Database Administrator

Seorang database administrator memilki tugas meliputi membuat desain database, melakukan pemeliharaan, dan perbaikan basis data. Seorang database administrator wajib memiliki pengetahuan mengenai bahasa pemograman database, seperti SQL, SQL/XML dan XQuery.

prospek lulusan teknik informatika
Photo by Christina Morillo from Pexels

8. Data Scientist

Data scientist bertugas untuk menganalisa data untuk mengambil sebuah keputusan tertentu. Untuk menjadi seorang data scientist, kamu harus mempunyai kemampuan mengolah data dengan Hadoop, statistik, logika yang kuat dan biasanya mengunakan bahasa pemograman Python.

9. Network Engineer

Seorang network engineer bertugas untuk merencanakan, mendesain, melakukan pengelolaan, manajemen dan menyelesaikan masalah pada jaringan. Seorang network engineer biasanya menggunakan Cisco dan Microtik dalam pekerjaannya.

10. Cloud Architect

Seorang cloud architect memiliki tugas meliputi mendesain aplikasi cloud, melakukan manajemen cloud dan melakukan monitoring. Untuk menjadi seorang cloud architect, kamu harus memilki pengetahuan mengenai sistem operasi seperti Windows dan Linux. Lalu pengetahuan mengenai jaringan seperti TCP/IP, HTTP, DNS.

 

 

 

 

Share:

0 Komentar