Fun Fact

4 Mitos dan Fakta Jurusan Teknik Informatika

Banyak kalangan masyarakat yang masih sering miskonsepsi dengan orang yang berkecimpung di bidang Teknik Informatika dikarenakan ketidaktahuan tentang apa itu sebenarnya jurusan Teknik Informatika.

Teddy Alfansyah4 Januari 2022

Mayoritas masyarakat beranggapan anak Teknik Informatika adalah orang yang serba tahu tentang komputer. Bahkan perangkat elektronik lainnya. Teknik Informatika memang mempelajari seluk beluk komputer dan komponennya, namun tidak menyeluruh.

Jadi, tidak semua anak Teknik Informatika benar-benar memahami mengenai soal komputer. Itu adalah salah satu contoh mitos yang sering beredar di kalangan masyarakat. Berikut ini adalah mitos-mitos lainnya mengenai jurusan Teknik Informatika. Simak sampai selesai ya!

1. Orangnya Introvert

Masyarakat mengira Teknik Informatika itu adalah orang yang introvert. Alasannya karena kebanyakan aktivitasnya dilakukan sendiri.

Hal tersebut belum sepenuhnya benar. Anak Teknik Informatika membutuhkan konsentrasi dan ketelitian ketika ngoding. Maka, lebih sering terlihat kerja sendirian dan di tempat yang tenang.

Kebanyakan anak Teknik Informatika lebih menyukai ngoding di malam hari ketimbang siang hari. Suasana malam yang tenang dapat membantu mereka dalam berfikir dan memecahkan masalah.

2. Gaji Pasti Besar Setelah Lulus

Tentunya semua freshgraduate pasti akan menginginkan gaji yang besar saat mendapatkan pekerjaan. Memang kebanyakan gaji lulusan Teknik Informatika relatif besar. Akan tetapi gaji yang besar sesuai dengan jabatan, pengalaman, skill dan tempat kamu bekerja.  

3. Bisa Nge-hack dan Service Elektronik

Kamu pasti bisa nge-hack situs ya?

Itu pertanyaan yang sering ditanya ketika kamu kuliah Teknik Informatika. Walau belajar keamanan jaringan, kemungkinan kamu tidak diajarkan cara  hacking. Sebab bisa jadi disalah gunakan.

Selain nge-hack, miskonsepsi lainnya adalah orang Teknik Informatika service perangkat elektronik. Service hp, laptop dan bahkan ada juga yang meminta untuk service seperti AC dan mesin cuci.

Sebagai orang Teknik Informatika, kamu belajar tentang hardware tetapi spesifik komponen pada komputer. Itu pun tidak dipelajari secara mendalam.

Sedangkan mereka yang bisa service hp, laptop, dan elektronik karena mempelajari secara otodidak. 

4. Harus Pintar Matematika

Kuliah di jurusan  Teknik Informatika ada beberapa mata kuliah yang memakai matematika. Walau begitu, kamu tidak perlu merasa takut atau terbebani.

Sebab, pada dasarnya kamu tidak harus pintar mengerjakan matematika. Yang terpenting kemauan untuk belajar dan pantang menyerah.

Matematika di Teknik Informasi lebih cenderung membahas soal-soal logika untuk melatih logika coding

Itu dia beberapa mitos dan fakta dibalik jurusan Teknik Informatika. Jadi tidak selamanya  apa yang disangka itu benar. Terutama mengenai jurusan Teknik Informatika.

Share:

0 Komentar