Kreatifitas

6 Tips Belajar Online Agar Tidak Jenuh

Saat pandemi seperti sekarang ini, pelajar terpaksa harus belajar secara online. Tentu terkadang pelajar akan meresa jenuh dan bosan karena hanya belajar sendirian.

Teddy Alfansyah13 Juni 2021

Oleh karena itu simak tips dibawah ini, agar kamu tidak merasa jenuh dan bosan saat pembelajaran online:

1. Siapkan ruangan belajar yang  nyaman  dan tenang

Kenyamanan tentu menjadi salah satu faktor utama agar kamu tidak merasa bosan saat belajar  online. Siapkan tempat yang nyaman dan yang tidak berisik, agar kamu bisa lebih fokus dalam belajar. Kamu juga dapat menggunakan meja dan kursi selama belajar secara online. Kamu juga bisa mengganti tempat belajar agar tidak merasa bosan karena belajar ditempat yang sama setiap harinya, seperti di teras atau balkon rumah.

2. Pastikan koneksi internet stabil

Koneksi internet merupakan hal paling penting dalam belajar secara online. Karena koneksi yang buruk sangat menggangu proses belajar, terutama yang mengharuskan belajar melalui video conference. Untuk itu pastikan koneksi kamu stabil agar proses belajar kamu berjalan dengan lancar.

3. Siapkan cemilan dan minuman 

Kamu bisa menyiapkan cemilan ataupun minuman kesukaan, pasalnya belajar sambil menikmati makanan atau minuman kesukaan dapat menambah semangat dan fokus belajar kamu. Tetapi perlu diperhatikan untuk memilih cemilan dan minuman yang sehat, karena akan berdampak pada kesehatan kamu pula.

4. Istirahat sejenak

Dengan belajar secara  online seperti saat ini, tentunya kamu akan lebih banyak menggunakan perangkat digital seperti handpone, laptop dan komputer. Menatap layar pada perangkat tersebut terlalu lama juga kurang baik  karena akan membuat mata terasa lelah, untuk itu kamu dapat istirahat sejenak setelah beberapa jam belajar online. Dengan istirahat, kamu akan lebih fokus untuk pelajaran berikutnya sehingga kamu tidak akan merasa jenuh dan lelah.

5. Dengarkan lagu kesukaan

Kamu dapat belajar sambil mendengarkan lagu kesukaan, karena belajar sambil mendengarkan lagu dapat menaikkan mood dan mengurangi kejenuhan saat belajar.

6. Lakukan olahraga ringan

Pembelajaran online juga membuat kamu jadi jarang bergerak, biasanya saat pembelajaran tatap muka, kamu pasti akan lebih sering untuk bergerak. Mulai dari berangkat ke sekolah sampai naik tangga ke untuk menuju ke lantai atas. Hal tersebut tentu tidak akan kamu lakukan saat pembelaran online seperti saat ini. Untuk itu kamu juga perlu melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau jogging. Karena dengan melakukan gerakan olahraga dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan mood belajar, sehingga rasa jenuh dan bosan hilang.

 

 

 

Share:

0 Komentar