Opini

7 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Asing bagi Job Seeker dan Fresh Graduate

Selain kemampuan hard skill dan soft skill, memiliki kemampuan bahasa asing juga dapat menjadi nilai lebih bagi seorang job seeker.

Teddy Alfansyah4 September 2021

Apa saja alasan kenapa job seeker harus belajar bahasa asing, simak artikel berikut !

1. Peluang karier yang semakin terbuka

Disaat kamu memiliki kemampuan bahasa asing, maka peluang kamu untuk dapat bekerja semakin besar. Kamu bisa bekerja diperusahaan besar di seluruh dunia karena kamu sudah memiliki kemampuan bahasa asing. Terlebih lagi untuk saat ini banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk dapat menggunakan bahasa asing. Maka dari itu jangan heran perusahaan akan lebih mempertimbangkan job seeker yang memiliki kemampuan bahasa inggris.

2. Lebih mudah bersaing dalam melamar kerja

Job seeker yang memiliki kemampuan bahasa asing akan lebih menarik dan memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Apalagi saat ini banyak kualifikasi melamar kerja yang mengharuskan pelamarnya dapat menggunakan bahasa asing. 

3. Lebih mudah dalam belajar

Dengan adanya kemampuan bahasa asing, kamu akan lebih mudah mendapat ilmu dari sumber-sumber dengan bahasa internasional yang tidak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian wawasan yang kamu miliki akan semakin luas.

4. Lebih mudah beradaptasi

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing, relatif kamu akan lebih mudah beradaptasi dalam lingkungan baru. Termasuk didalam lingkungan kerja, terlebih lagi bila perusahaan tersebut merupakan perusahaan multi nasional di mana penempatan di luar negeri cukup besar. Dengan demikian kemampuan bahasa asing sangat diperlukan.

5. Kemampuan berpikir yang lebih baik

Ternyata orang yang kemampuan bahasanya lebih dari satu, memiliki cara berpikir yang berbeda.Mandaat belajar bahasa asing sejak dini daoat memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik, mereka lebih mudah dalam mengingat daftar dan urutan. 

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Banyak orang yang merasa kurang percaya diri karena minimnya kemampuan bahasa asingnya. Hal ini bisa jadi kendala dalam melamar pekerjaan yang membutuhkan pelamar yang menguasai bahasa asing. Untuk perlu bagi kamu untuk lebih meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu, sehingga rasa dapat menimbulkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi mengunakan bahasa asing.

7. Menambah koneksi

Ketika menguasai bahasa asing kesempatan dan pengalaman yang kamu dapatkan makin besar karena  dapat berkomunikasi orang di negara lain. Sehingga koneksi kamu pun semakin luas dan beragam. Koneksi tersebut akan sangat berguna bagi kamu dalam mendapatkan karier ataupun mengembangkan karier yang sudah kamu memiliki.

Setelah membaca artikel ini, kamu tau kan kenapa memiliki kemampuan bahasa asing itu penting bagi seorang job seeker. Untuk itu kamu harus banyak berlatih agar kemampuan bahasa asing kamu bisa lebih lancar lagi agar bisa lebih bersaing dengan job seeker lainnya.

 

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait