Pengetahuan

7 Tips Interview Agar HRD Terkesan, Jobseeker Wajib Tau!

Tentunya momen interview merupakan momen yang paling ditunggu-ditunggu bagi seorang jobseeker, akan tetapi banyak jobseeker yang melakukan kesalahan pada saat interview. Untuk itu para jobseeker harus memahami aspek-aspek yang dinilai oleh HRD.

Teddy Alfansyah13 Juni 2021

Berikut ini tips saat interview agar kamu mendapat penilaian yang baik dan dapat diterima nantinya.

1. Datang tepat waktu

Pastikan kamu datang tepat pada waktunya, atau akan lebih baik kamu datang lebih awal. karena kalau kamu datang terlambat, HRD akan menilai kalau kamu tidak bisa menghargai waktu dan kesibukan orang lain. Dengan datang lebih awal kamu juga akan lebih rileks dan tidak tergesa-gesa, kamu pun dapat latihan terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan HRD nantinya.

2. Pakaian sopan dan rapih

Saat mengikuti interview, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan rapih, seperti kemeja, jas, celana bahan, sepatu.  Hindari mengenakan pakain seperti kaos,celana jeans dan sendal, Kamu juga dapat menggunakan parfum agar  penampilan kamu lebih menarik. 

3. Ketuk pintu dan ucapkan salam

Sebelum masuk ke ruangan interview, pastikan kamu mengetuk pintu terlebih dahulu, sekalipun  pintunya terbuka. Kamu juga perlu memberikan salam kepada HRD atau User yang ada di ruangan.

4. Cara  berbicara

Ketika menjawab pertanyaan dari HRD, cara kamu dalam menjawab pertanyaan  yang diajukan sangat menentukan penilaian HRD. Seperti intonasi  suara, isi jawaban, maksud dan tujuan dari jawaban yang  kamu berikan. Kamu juga harus menghindari menjawab pertanyaan HRD dengan jawaban yang terlalu panjang, karena akan membuang waktu HRD. Lebih baik menjawab pertanyaan dengan singkat, padat dan jelas.

5. Kontak mata

Saat sedang berbicara dengan HRD, kamu harus  melakukan kontak mata. Hindari melihat ke kanan atau kiri. Karena dengan demikian kamu akan dianggap tidak memperhatikan atau tidak fokus saat interview berlangsung.

6. Kecepatan dan ketepatan 

Saat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh HRD, pastikan kamu tidak berfikir atau jeda terlalu lama, karena HRD akan menilai kalau kamu tidak siap untuk interview. Hal ini tentu akan sangat mengurangi penilaian kamu didepan HRD. Untuk itu sebelum kamu mengikuti interview,  kamu  dapat  mempelajari kemungkinan pertanyaan apa  aja yang  akan ditanyakan oleh HRD, sehingga kamu sudah mengetahui  jawaban  dari pertanyaan tersebut saat  sesi interview dengan HRD.

Kamu juga  perlu mempelajari  dan mengetahui  banyak hal mengenai perusahaan tersebut, karena pertanyaan tersebut ditujukan untuk mengetahui seberapa besar kepedulian dan niat kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

7. Ucapkan terima kasih

Setelah selesai proses interview, kamu harus mengucapkan terima kasih kepada HRD dan User, karena sudah diberikan kesempatan untuk melakukan interview

Selamat mempraktikkan!

 

Share:

0 Komentar