Fun Fact

9 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Sidang Skripsi, Mahasiswa Akhir Wajib Tau!

Sidang skripsi merupakan hal yang harus dilakukan mahasiswa untuk mendapat gelar sarjana, sudah menjadi rahasia umum kalau skripsi menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa, terutama mahasiwa tingkat akhir yang akan mengambil mata kuliah skr

Teddy Alfansyah11 Juni 2021

Pada sidang skripsi biasanya mahasiswa akan memaparkan hasil penelitiannya yang berupa presentasi selama kurang lebih 10 - 15 menit yang kemudian dilanjutkan dengan pertanyan dari penguji.

Kira-kira apa saja yang ditanyakan oleh dosen penguji saat sidang skripsi, simak artikel berikut ini hingga akhir!

1. Apa judul skripsi kamu?

Kamu langsung saja menyebutkan judul dari skripsi kamu apa, dan pastikan kamu sudah menghafal judul tersebut agar meyakinkan bahwa skripsi tersebut benar-benar hasil karya kamu.

2. Mengapa kamu tertarik untuk meneliti hal tersebut?

Untuk pertanyaan ini, kamu dapat menjawab dengan memaparkan latar belakang masalah dari skripsi yang kamu buat. Pastikan juga kamu menjawab berdasarkan fakta ilmiah yang ada dan jangan berdasarkan pendapat pribadi semata.

3. Apa manfaat penelitian kamu?

Pastikan skripsi yang kamu buat sejalan dengan bidang ilmu atau prodi kamu, dikarenakan nantinya akan ditanyakan mengenai sumbangsih apa yang dapat diberikan dari penelitian kamu terhadap bidang ilmu stau prodi kamu.

4. Kenapa kamu memilih tempat/lokasi penelitian ini?

Kamu dapat menjelaskan berdasarkan data ilmiah ataupun resmi, yang menunjukkan tempat atau lokasi tersebut berkaitan dengan fenomena yang sedang kamu teliti dan kamu pun dapat menjelaskan keunikan atau temuan saat melakukan penelitian pada tempat atau lokasi tersebut.

5. Apa tujuan dari penelitian kamu?

Untuk pertanyaan ini, kamu dapat membaca poin poin penting pada skripsi kamu. Dan pastikan juga tujuan penelitian tersebut didapat secara ilmiah.

6. Apa perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya?

Kamu dapat menunjukkan keunikan atau temuan baru pada penelitian yang kamu buat dengan berdasarkan data ilmiah atau resmi.

7. Bagaimana teknik pengumpulan data pada penelitian ini?

Pada pertanyaan ini, kamu dapat menjelaskan bagaimana kamu mendapat data-data pada penelitian. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan melalui wawancara, kuesioner secara langsung maupun tidak langsung, observasi dan dari buku-buku yang relevan.

8. Apa data primer dan sekunder pada penelitian ini?

Pada data primer kamu dapat menjawab bahwa data tersebut kamu peroleh melalui penelitian secara langsung, sedangkan untuk data sekunder dapat diperoleh dari data yang telah ada sebelumnya, seperti studi pustaka.

9. Apa hasil dari penelitian ini?

Kamu dapat menjawab pertanyaan ini dengan menyiapkan terlebih dahulu rangkuman hasil penelitian dalam satu paragraf.

 

 

 

 

 

 

 

Share:

0 Komentar