Pengetahuan

Tips dalam Menulis CV ATS Friendly, Job Seeker Wajib Tau !

Curriculum Vitae atau CV dapat dikatakan merupakan syarat utama dalam melamar pekerjaan, Maka dari itu kualitas CV sangat menentukan dalam melamar pekerjaan.

Teddy Alfansyah27 November 2021

Bagi teman-teman job seeker, sebelum mengetahui tips membuat CV ATS Friendly, yuk simak dulu apa itu CV ATS Friendly.

Pengertian CV ATS Friendly

ATS singkatan dari Applicant Tracking System, sebuah sistem yang membantu HRD menyeleksi CV pelamar kerja dalam waktu singkat. Biasanya, Sistem ATS ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Pada intinya, sistem ATS tersebut akan memilah CV pelamar yang sesuai dengan kualifikasi. Nah, bagaimana tips dalam membuat CV ATS Friendly ?.

Tips membuat CV ATS Friendly

1. Penggunaan font yang standar

Gunakan font seperti Arial, Times New Roman, Helvetica, atau font standar lainnya. Yang mana tujuan penggunaan font standar adalah agar dapat dibaca oleh sistem. Dan gunakan ukuran font yang tidak kurang dari 11.

2. Desain CV dibuat dengan simple

Desain CV ATS Friendly biasanya menggunakan template yang sederhana tanpa icon, grafik, gambar, tabel, dan lainnya. Hindari juga pemilihan warna selain hitam dan putih. Semua hal tersebut dilakukan untuk menghindari CV kamu tidak terbaca oleh sistem.

3. Dibuat dalam bahasa inggris

Akan lebih baik jika CV kamu dibuat dalam bahasa inggris. Hal itu karena sistem ATS biasanya akan lebih mudah mengenali sebuah tulisan dalam Bahasa Inggris. Sehingga pengunaan bahasa inggris dalam pembuatan CV akan lebih di rekomendasikan.

4. Cantumkan kontak pribadi

Pastikan kamu juga mencantumkan data diri berupa nama, nomor telepon, dan alamat email.

5. Format yang urut dari atas kebawah

Hindari membuat format CV ATS Friendly dengan format layout yang membaginya menjadi 2 bagian yang berdampingan. Untuk itu, kamu dapat membuat formatnya menjadi urut dari atas kebawah. Awali dari data diri (nama, nomor telepon, dan alamat email), profil singkat, pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan sertifikat.

6. Jelaskan job desc secara jelas 

Dalam menulis bagian pengalaman, kamu juga perlu untuk menjelaskan apa saja job desc yang kamu kerjakan dari posisi tersebut. Kamu juga dapat menambahkan pencapaian kamu dan bagaimana pencapaian tersebut berpengaruh terhadap perusahaan. 

7. Cantumkan link portofolio

Jika kamu ingin melamar di beberapa posisi, seperti graphic designer, programmer, content writer, atau posisi lainnya yang perlu menunjukkan hasil karya, tentunya kamu harus melampirkan link portofolio pada CV kamu.

Itu dia beberapa tips buat kamu yang ingin membuat CV ATS Friendly. Pastikan mulai dari sekarang dalam membuat CV ATS Friendly kamu agar CV kamu dapat terbaca oleh sistem.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait