Opini

4 Filosofi Hidup dari Komponen Elektronika

Dibalik fungsi teknis, komponen elektronika memiliki nilai fisofosis yang tak terduga. Bagaimana filisofi hidup dari teknik elektronika?

M. Ulud Risaldi10 Mei 2021

Sebagai mahasiswa elektro atau seseorang yang memahami bidang elektro, pasti mengenal berbagai komponen-komponen elektronika seperti resistor, kapasitor, relay dan diode. Berbagai komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dari suatu rangkaian elektronika. 

Filosofi hidup orang teknik

Selain memiliki fungsi dalam rangkaian elektronika, ternyata fungsi dari komponen-komponen tadi dapat digunakan juga dalam rangkaian kehidupan (falsafah hidup) yang bisa kita terapkan setiap hari. Tentu falsafah hidup ini bukan hanya untuk mahasiswa atau orang-orang dalam bidang elektronika saja, tetapi untuk kita semua yang mengetahui hal ini. Langsung saja sobat untuk menyimak tulisan di bawah ini !

1. Resistor

Resistor adalah sebuah komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk membatasi aliran listrik yang masuk kedalam suatu rangkaian. Dari fungsi resistor tersebut ternyata dapat juga diaplikasikan dalam kehidupan loh sobat Teknik. Sesuai dengan fungsi resistor, kita tidak boleh menjadi penghambat untuk kemajuan orang-orang disekitar kita atau dalam bahasa sekarang disebut toxic

Pada saat kita menjadi teman yang memiliki sifat negatif, kita tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga akan berpengaruh terhadap orang-orang dalam lingkaran pergaulan. Kebalikan dari hal tersebut tentu kita harus menjadi resistor untuk orang-orang disekitar kita agar terhindar dari hal keburukan dan merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. 

Fungsi yang ini dapat kita lakukan dengan memberi masukan dan saran untuk teman atau orang yang ada disekitar kita yang melakukan hal-hal negatif seperti kebiasaan titip absen,nyontek, dan gibahin dosen karena nilai.

2. Kapasitor

Kapasitor atau kondensator adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara, sehingga kapasitor dapat menjadi cadangan daya untuk semetara. Fungsi kapasitor,dapat diterapkan dalam kehidupan dengan memberikan energi positif pada orang di sekitar kita ketika membutuhkan dukungan dalam berbagai hal, berjuang dengan skripsi dan lelah mencari ACC dosen. 

Fungsi lain kapasitor yaitu sebagai filter atau penyaring seperti dalam sistem radio, TV, amplifier dan lain-lain. Fungsi yang kedua ini dapat kita terapkan dalam diri kita sendiri yaitu untuk menyaring berbagai pengaruh merugikan dalam kehidupan yang saat ini sangat banyak karena kemajuan zaman yang sangat pesat,sehingga kita harus menjadi seseorang yang selektif dalam menerima kemajuan yang terjadi.

3. Relay

Relay adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengendalikan aliran listrik berdasarkan prinsip kerja elektromagnetik untuk menggerakan sejumlah kontraktor yang tersusun. Hal yang dapat diterapkan dalam kehidupan dengan berdasarkan fungsi relay adalah kita harus dapat mengendalikan diri kita sendiri agar keputusan yang dilakukan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. 

Pengendalian diri (Self Control) berfungsi untuk mereduksi berbagai dampak negatif dalam setiap keputusan yang diambil. Singkatnya,  luangkan waktu untuk berpikir masak-masak sebelum mengambil keputusan. Jangan gegabah!

4. Diode

Diode adalah komponen elektronika aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik secara searah dan menghambat arus yang berlawanan. Penerapan fungsi diode dalam kehidupan dapat diartikan bahwa kita tidak boleh mempunyai alasan untuk mundur dan menyerah dalam mencapai sesuatu, lebih baik berjalan pelan dari pada berjalan mundur. 

Perlu  diingat, kemajuan zaman sekarang mengutamakan orang-orang yang gesit. Oleh sebab itu seberat apapun tantangan dalam menggapai masa depan ibaratkan saja jalan ninja kita sebagai fungsi dari diode yaitu tidak ada alasan dan jalan untuk mundur dan menyerah. Semangat !

Dari berbagai falsafah hidup diatas diibaratkan jika rangkaian elektronika juga adalah rangkaian kehidupan, dengan analogi seperti itu kita dapat menemukan berbagai komponen yang fungsinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang membaca, serta apabila sesuai jangan lupa untuk menerapkan berbagai fungsi dari komponen tadi dalam kehidupan ya.

 

Share:

0 Komentar