Fun Fact

4 Inovasi Outdoor Coworking Space dari Berbagai Negara

Ini dia 4 inovasi outdoor coworking space dari berbagai negara yang bisa jadi inspirasi desain kita.

Ummu Rahayu7 Juni 2021

Coworking space belakangan ini menjadi fenomena tersendiri seiring dengan meningkatkannya pola kerja kolaboratif antar-individu dari berbagai latar belakang. Ruang kerja bersama tersebut biasanya berupa ruang indoor yang juga dilengkapi dengan fasilitas untuk rapat. Nah, kali ini ada 4 inovasi outdoor coworking space dari berbagai negara yang bisa jadi inspirasi desain kita.

1. LL Bean Outdoor Coworking Space, New York

Outdoor Coworking Space di Madison Park (Sumber : Amy Sussman via Madison.com)

Industrious, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang coworking dan L.L Bean, sebuah perusahaan ritel, menyediakan outdoor coworking space di Madison Square, Manhattan, New York, Amerika Serikat. Dengan motto “Be an Outsider at Work”, fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan standing desk, cycling desk, ruang rapat, dan pastinya ada colokan juga wifi.

Bukan sembarangan, gagasan ini berdasarkan hasil survey L.L Bean terhadap 1.050 orang Amerika yang menunjukkan bahwa 86% responden ingin menghabiskan lebih banyak waktu di hari kerja. Outdoor coworking space tersebut  kemudian dirancang untuk mengurangi tekanan kerja dan meningkatkan produktivitas.

2. BB Centrum Outdoor Coworking Space, Praha

Outdoor Coworking Space di ​​​BB Centrum (Sumber : Officerentinfo.cz)

Sebuah outdoor coworking space tersedia di Brumlovka Square, BB Centrum, Praha, Republik Ceko. Fasilitas ini dilengkapi dengan sarana dasar seperti meja, kursi, wifi, dan stopkontak. Dengan dinding penyekat, suasana di coworking space ini terasa lebih privat.

3. Coworking Treehouse, London

Treehouse Office di Haxton Square (Sumber : Tatehamer.com)

Outdoor coworking space berkonsep rumah pohon telah dibuka di Hoxton Square, London, Inggris. Hoxton Square sendiri adalah salah satu taman atau ruang terbuka publik tertua di London. Perancangnya coworking treehouse tersebut adalah Natalie Jeremijenko, berkolaborasi dengan  Shuster + Moseley, Tate Harmer, dan Gensler, fasilitas.

Coworking space ini menggunakan lantai kayu serta dinding dan atap transparan dari bahan plastik. Terdapat meja, kursi, wifi, dan stopkontak untuk pengguna. Suasana segar di bawah kanopi pohon yang teduh membuat bekerja di coworking space ini terasa menyenangkan.  

4. TreeXOffice, Colorado

TREEXOFFICE, Universitas Colorado Boulder (Sumber : Colorado.edu)

Coworking space beratap kanopi pohon juga ada di Universitas Colorado, Boulder, Colorado, Amerika Serikat. Fasilitas gratis tersebut dilengkapi wifi dengan suasana segar dari hijauan yang teduh di sekitarnya. Outdoor coworking space ini berlantai kayu dengan meja dan kursi yang juga berbahan kayu, namun tanpa atap.  

Struktur TREEXOFFICE terinspirasi dari Natalie Jeremijenko dan dirancang oleh mahasiswa Jurusan Environtmental Design (ENVD), Universitas Colorado, berkolaborasi dengan Marda Kirn dari EcoArts Connections dan David Dadone dari Museum of Contemporary Art (BMoCA). TREEXOFFICE dapat digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar Universitas Colorado. Sayangnya karena satu dua hal, tempat ini sudah ditutup secara permanen

Oke, itu tadi 4 inovasi outdoor coworking space dari berbagai negara yang bisa kita jadikan inspirasi desain. Semoga bermanfaat.

Share:

0 Komentar