Fun Fact

6 Tipe-Tipe Mahasiswa di Seminar Internasional

Di Seminar Internasional, mahasiswa kadang ada lucu-lucunya nih karena seminar ini otomatis berbahasa Inggris. Berikut tipe-tipe mahasiswa di Seminar Internasional yang mana di situ pasti ada kamu.

Ummu Rahayu5 Juni 2021

Sebagian mahasiswa wajib ikut seminar nasional atau internasional semasa kuliahnya. Entah itu syarat wisuda, syarat kelulusan, atau nilai plus di mata kuliah tertentu.

seminar internasional
pexels.com/@jibarofoto

Nah, di Seminar Internasional, mahasiswa kadang ada lucu-lucunya nih karena seminar ini otomatis berbahasa Inggris. Berikut tipe-tipe mahasiswa di Seminar Internasional yang mana di situ pasti ada kamu.

1. Tipe yang diam aja selama seminar

Entah karena wajib atau pengen tahu aja, mahasiswa ini duduk manis di bangku audience dan mendengarkan si pembicara. Matanya menatap, pikirannya bekerja keras, “Ini orang ngomong apa?”.

Bingung mau mencatat isi seminar, ya udah diam aja. Buat yang ikut seminar karena wajib santai aja sih, mau ngerti mau enggak, enggak penting.

2. Ngerti tapi nggak bisa nanya

Bisa menangkap apa yang disampaikan pembicara tapi sayang nggak bisa nanya, apalah daya karena kemampuan speaking terbatas. Sebenarnya mereka punya kemampuan listening yang baik, atau bisa menangkap kata kuci dari penjelasan pemateri.

Pertanyaan yang mereka punya bisa saja brilian. Mereka pun mungkin bisa menerjemahkan pertanyaannya tapi terlalu gugup untuk menyampaikan.

3. Tipe yang pengen show up

Ada tipe yang sebenarnya bukan ingin bertanya tapi lebih ingin menunjukkan kemampuan bahasa Inggrisnya ke orang lain, khususnya teman-temannya nih. Ya, mungkin dia tipe yang terlalu ambisius sehingga terlalu bersemangat untuk menunjukkan skill-nya. Bisa juga karena dia pengen branding di hadapan dosen, siapa tahu nanti diajak penelitian kan.

4. Tipe yang biasa aja tapi skill tingkat dewa

Tipe ini cenderung diam aja sih tapi pikirannya jalan terus. Dia mengerti apa yang disampaikan pemateri. Dia pun mampu menganalisis dan mengkritisi lebih dalam.

Skill Bahasa Inggris dan berpikir kritis dia udah tingkat dewa. Kalau ada pertanyaan yang penting akan dia sampaikan, kalau enggak ya dia lebih memilih diam. Orang ini sekali ngomong akan benar-benar diacungi jempol.

5. Tipe yang pengen belajar bertanya

Ada tipe mahasiswa yang bertanya karena cuma mau ngetes kemampuan bahasa Inggrisnya. Dia sebenarnya cuma pengen latihan bicara berbahasa Inggris di depan umum.  Tipe ini kadang nggak ngerti  juga sih apa yang disampaikan pemateri.

Pertanyaan yang dia ajukan pun hanya pertanyaan dangkal. Misal, “Bagaimana kita sebagai anak muda bisa berkontribusi?”. Tapi yang penting niat belajarnya dulu kan. Mereka pun nggak peduli kalau ada grammar yang salah.

6. Tipe pencari hadiah

Biasanya panitia meyediakan hadiah untuk pertanyaan menarik. Moderator akan menilai dan memilih siapa yang beruntung. Nah, ada nih tipe mahasiswa yang bertanya buat cari peluang hadiah, apalagi kalau hadiahnya dalam bentuk pulsa atau voucher belanja. Bodo amat kalo Bahasa Inggrisnya belepotan, siapa tahu rejeki kan.

Oke, itu tadi tipe-tipe mahasiswa di Seminar Internasional yang bakal kamu temukan di mana aja di Indonesia.

Share:

0 Komentar