Pengetahuan

Unik! 4 Desain Kantor Portabel Ini Dijamin Murah dan Hemat Lahan

4 desain kantor portabel ini dijamin murah dan hemat lahan. Ada juga yang sudah tren di Indonesia.

Ummu Rahayu8 Juni 2021

Jaman sekarang, kantor pun bisa dibawa ke mana-mana. Pelaku bisnis tidak pusing lagi memikirkan biaya investasi lahan. Dengan ukuran yang mini dan bahan sederhana, kantor portabel jadi alternatif bagi perusahaan rintisan. Model kantor seperti ini pun bisa digunakan sebagai direksi keet. Nah, 4 desain kantor portabel ini dijamin murah dan hemat lahan. Ada juga yang sudah tren di Indonesia lho!

1. MOUNTAIN ON THE MOON, INGGRIS

Mountain on the Moon (Sumber : Javier de Paz García via Archello.com)

Dalam rangka berpartisipasi di Madrid Design Festival, Enorme Studio dan MINI bekerja sama merancang sebuah kantor portabel. Hasil karya mereka ini diberi nama “Mountain on the Moon”.

Kantor portabel tersebut berupa satu unit kantor utama dan dua sayap taman mini yang dilengkapi bangku untuk bersantai serta dekorasi rerumputan dan tanaman hias. Dengan kaki beroda, dua sayap tersebut dapat dibongkar pasang.

Kantor utama menggunakan dinding dan atap transparan. Sistem ventilasinya berada pada bagian atap. Ada empat kursi dan meja yang diberi sekat di dalam kantor mini ini. Tersedia juga bantal lesehan dan taman kecil di pojok ruang. Sumber listriknya menggunakan panel surya di bagian atap.

2. STUDYPOD, norwegia

Studypod (Sumber: Studypod.no)

Kantor portabel ini cocok buat yang kerjanya moody. Kalau  mood sedang ingin yang segar-segar tinggal pindah ke halaman rumah, atau ke taman kota. Kalau sedang perlu dekat dengan tim, tinggal angkut ke kantor pusat atau ke lapangan.

Studypod diproduksi dan dirancang oleh Livit, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desain. Dengan bentuk yang sangat mini, kantor ini mudah kita bawa ke mana-mana. Interiornya berukuran 2,15 x 1,8 x 2,1meter dengan dinding depan full transparan. Ukuran Studypod bahkan muat untuk satu buah king bed yang bisa menampung beberapa tamu.

Berat kantor mini tersebut mencapai 700 kg dan menggunakan sistem ventilasi alami. Terdapat stopkontak dan penerangan dari 4 buah lampu.

3. container office, INDONESIA

Container Office (Sumber : Boxman.co.nz)

Tidak cuma rombong saja yang bisa menggunakan kontainer bekas. Di Indonesia, tren container office semakin meningkat. Kantor mini ini bisa menjadi kantor sementara, direksi keet, atau kantor sewa yang bisa dibawa ke mana-mana.

Containeer office di Indonesia hadir dengan berbagai ukuran dan fasilitas pendukung. Umumnya, ukuran kantor kontainer tersebut terbagi menjadi 20 feet (6 x 2,4 x 2,6 meter) dan 60 feet (12 x 2,5 x 2,6 meter). Desainnya pun beragam sesuai dengan kebutuhan, tahan lama, dan tahan gempa.

4. PLUG IN TOWER, CINA

Plug in Tower (Sumber: Designboom.com)

Plug in Tower sebenarnya adalah rumah semi permanen yang dirancang oleh People’s Architecture Office, sebuah perusahaan yang berbasis di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok.  Dengan struktur yang bisa dibongkar pasang, banguan portabel tersebut mengatasi masalah ijin bangunan permanen yang sangat ketat di Cina.

Desain Plug in Tower terinspirasi dari Arsitektur Metabolisme Jepang yang melahirkan Nakagin Capsule Tower. Bangunan ini terdiri dari rangka baja dan perangkat-perangkat yang bisa dibentuk menjadi beberapa ruangan. Tiap ruang dihubungkan dengan tanggal spiral.

Struktur semacam ini memungkinkan pengguna menambah ruang dengan mudah. Seandainya harus digusur, pengguna bisa mencopot panel-panel rumah dan merakitnya lagi di tempat baru.

Itu tadi 4 desain kantor portabel yang dijamin murah dan hemat lahan. Semoga jadi inspirasi kamu.

Share:

0 Komentar