Fun Fact

5 Website Belajar Online Terbaik untuk Anak Teknik

Belajar online dapat menjadi pilihan di masa pandemi yang tidak menentu ini

Pandemi sudah mau berjalan hampir 2 tahun di Indonesia. Bagi sebagian orang, pandemi yang naik turun ini menutup jalan mereka untuk berkembang. Tapi, tidak dengan anak teknik. Pandemi yang berjalan, justru membuka peluang kita. Peluang di bidang apa tuh?

Peluang kita untuk mengikuti pelatihan di mana saja dan kapan saja. Coba ingat kembali, sebelum pandemi, berapa banyak pelatihan yang tidak bisa diikuti karena terkendala lokasi dan waktu? Atau mungkin lokasinya dekat, tetapi harga tidak bersahabat. Nah, pandemi ternyata memiliki sisi positif yang secara tidak langsung "mengatasi" masalah itu. 

Nah, tapi jangan sampai salah pilih website untuk pelatihan online. Penulis sendiri telah merangkum 5 website pelatihan online yang pastinya terjamin kualitasnya. 

1. Coursera

Website les online paling terkenal ini mungkin sudah gak asing ya bagi teman-teman anak teknik. Web ini menyediakan hal dari berbagai bidang.

Ada juga beberapa course gratis yang bisa kita akses. Namun, memang untuk menebus sertifikat setelah mengikuti pembelajaran butuh biaya yang cukup mahal. Hal ini karena biaya sertifikatnya seringkali dipatok dengan ukuran kurs USD.

2. EdX

Kalau mau belajar dari MIT dan beberapa universitas top dunia lainnya. edX mungkin bisa menjadi jawaban. Website yang sudah berdiri dari 2012 ini juga memberikan course gratis bagi penggunanya. H

anya saja, untuk akses tak terbatas di edX memerlukan biaya yang tidak sedikit. Per sertifikat, kita harus membayar mulai dari 100 - 150 USD. Namun, harga ini pastinya sangat worth buat kamu yang ingin belajar dari kampus-kampus top dunia.

3. Khan Academy

Agak berbeda dari website-website sebelumnya yang lebih mengarah kepada sertifikasi online. Khan Academy menawarkan pembelajaran gratis kepada semua orang di seluruh dunia. Mulai dari hal-hal yang sifatnya teknis hingga praktikal semuanya ada di Khan Academy.

Kalau kamu ingin berkontribusi kepada Khan Academy, kamu bisa berdonasi yang nantinya dipakai untuk membiayai Khan Academy. Cukup mulia juga ya website satu ini.

4. HackerRank

Mau berkarier di dunia pemrograman tetapi belum memiliki ilmu apapun? Silahkan kalian join ke HackerRank. Website yang memungkinkan kalian untuk belajar pemrograman ini memang sangat luar biasa. Dengan topik yang luas, mereka akan mengajari kamu lewat tugas yang harus kamu selesaikan. Tidak paham? Tidak apa-apa. Ada forum tanya jawab yang bisa kamu pakai untuk membuat dirimu lebih mahir. 

Website ini juga memungkinkan kamu untuk direkrut oleh perusahaan terkenal di seluruh dunia loh. Dan juga terlebih lagi, web ini gratis. Kamu hanya perlu log in dengan akun LinkedIn-mu dan mulai memrogram bersama. 

5. Anak Teknik Indonesia

Kalau semua yang saya berikan memakai bahasa Inggris, website yang satu ini berbahasa Indonesia. Website Anak Teknik Indonesia juga memberikan beberapa pelatihan online loh. Terlebih lagi, ada blog untuk membaca artikel-artikel ringan seputar keteknikan untuk menambah pengetahuanmu. Dan satu lagi keunggulan dari anak teknik, harganya terjangkau. 
 
Untuk kamu yang mau dapat potongan harga, kamu bisa menggunakan kode afiliasi dari afiliator Anak Teknik Indonesia. Kebetulan sekarang lagi banyak nih training dari Anak Teknik Indonesia yang bisa kamu ikuti.
 
Untuk yang mau mendapatkan potongan, penulis akan membagikan kode afiliasi nih. Kodenya adalah TOWXH. Untuk memasukan kode afiliasi, langsung masukkan di bagian afiliasi ketika kalian membayar training. Pastikan pembayarannya diselesaikan sampai akhir ya. Kalau pembayaran selesai, kamu dapat potongan harga untuk training dari Anak Teknik Indonesia.

Nah, itulah 5 website belajar online yang cocok untuk anak teknik. Kalau favoritmu yang mana nih?

Share:

0 Komentar