Fun Fact

Beberapa Nasihat Uncle Iroh yang Harus Didengar untuk Segenap Anak Teknik

Sebagai salah satu tokoh fiksi paling bijak, Uncle Iroh punya segudang wejangan untuk anak teknik sekalian.

Vincent Leonhart Setiawan15 Oktober 2021

Anak teknik memang hidup di dunia penuh tekanan. Meskipun ada banyak teman sejawat, tidak jarang kita tetap kehilangan arah. Beberapa nasihat Uncle Iroh ini sepertinya akan berguna untuk anak teknik sekalian. 

1. Hidup itu seperti melewati jalan yang gelap, jikalau kita terus bergerak kita akan menemukan cahaya di ujungnya

Siapa yang sekarang merasa seperti gak tahu mau melakukan apa? Kalau kamu mengalami hal itu, santai aja, kamu gak sendirian. Tapi menurut Uncle Iroh nih, ya itulah hidup. Hidup itu sama seperti kita berada di lorong yang gelap banget, tanpa cahaya. We never know what we will face in the future. Kira-kira begitulah. Maka, yang bisa kita lakukan hanyalah berjalan terus, sampai di satu titik, cahaya itu akan terlihat dengan sendirinya. 

2. Kebanggaan bukanlah lawan dari rasa malu, melainkan sumber dari rasa malu

Kalau kamu merasa kamu gak bisa mencapai apa-apa dan kamu malu akan hal itu, coba kamu lihat lagi ke dalam. Jangan-jangan masalahnya bukan karena kamu gak bisa mencapainya, melainkan kamu ingin merasakan kebanggaan. Dan dari rasa bangga yang tidak tercapai itulah, kamu pada akhirnya menjadi malu dengan dirimu sendiri. 

Mungkin ini saatnya kamu menyusun ulang mindsetmu. Kamu bisa mulai berpikir bahwa semua itu ada masanya. Fokus saja pada dirimu. Selama kamu melakukan yang terbaik untuk dirimu, percayalah, waktu akan menjawab perjuanganmu. 

3. Kegagalan hanyalah suatu kesempatan untuk memulai kembali

Kapan terakhir kamu gagal? Minggu lalu? Kemarin? Baru saja? 

Santai saja. Kalau kamu gagal, justru itu adalah saat yang paling pas untuk memulai kembali. Kalau kamu gagal dengan percintaanmu, ya sudah, stop dulu sementara. Lalu kamu bisa mencobanya kembali. Entah kamu melanjutkan untuk mencoba kembali dengan si dia, atau kamu bisa memulai untuk membuka lembaran yang baru. 

Kalau kamu gagal dalam bisnismu atau projekmu, ya sudah. Terima itu. Terima segala kesakitannya. Lalu mulai kembali. Entah kamu mulai dengan projek yang sama dan memperbaiki kegagalanmu, atau memulai dengan projek baru dan belajar dari kesalahan. 

Pada akhirnya, kita akan menutup artikel ini dengan satu kutipan lagi dari Uncle Iroh yang berbunyi "It is important to draw wisdow from many different places". Carilah ilmu sebanyak-banyaknya hingga kamu bisa menjadi bijak seperti Uncle Iroh dan bermanfaat bagi segenap manusia. 

Semangat berusaha bagi kamu yang sedang berjuang!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait