Pengetahuan

Ilmu Teknik dalam Alat Musik, Emangnya Ada?

Musik adalah salah satu cabang seni yang paling dekat dengan anak teknik dari segi keilmuan. Mengapa bisa demikian?

Vincent Leonhart Setiawan27 Juli 2021

Mungkin dari banyaknya cabang seni yang ada, musik adalah salah satu yang paling familiar dengan kehidupan kita ya. Mulai dari bayi yang belum lahir, hingga orang yang hendak meninggal, semuanya bisa mendengarkan atau ter-efek dengan musik. Nah tapi sadarkah kita kalau sebenarnya antara musik dengan teknik ini memiliki hubungan yang begitu erat? Mari kita bahas.

1. Hubungan antara musik dengan elektronika

alat musik bass

Seperti yang kita ketahui, sekarang ini kita sudah banyak tergantung dengan musik-musik yang berbau elektro. Entah itu musik jedag-jedug ala anak tiktok hingga musik-musik luar biasa seperti Wintergatan pun tetap bergantung pada elektronika. Semua hasil dari rekaman, dapat menjadi lebih jernih dan lebih jelas ketika sudah memasuki komponen elektronik seperti mixer. 

Adapun secara spesifik bagi beberapa alat musik yang sudah memiliki versi modernnya seperti gitar elektrik, drum elektrik, bass elektrik, hingga mungkin violin elektrik, maka alat musik tersebut dapat diberikan berbagai efek tertentu. Baik si alat musik maupun efek, sebenarnya sangat bergantung kepada komponen elektronika dan juga teknologi-teknologi seperti ilmu komputer dan programming. Maka, sudah tidak diragukan lagi bahwa musik dengan elektronika memiliki hubungan yang begitu erat. Beberapa orang bahkan menyebut para ahli di bidang ini sebagai Sound Engineer (dari namanya sih benar-benar menjanjikan ya guys). 

2. Hubungan antara musik dengan telekomunikasi

Bagi anak-anak telekomunikasi mungkin hal-hal seperti gelombang adalah hal yang menjadi makanan sehari-hari. Mulai dari pemrosesan gelombang menjadi sinyal digital, demodulasi dan modulasi, hingga banyak hal lainnya yang berkaitan dengan gelombang pun dipelajari dengan seksama. Tetapi eh tetapi, prinsip-prinsip yang ada di dalam ilmu teknik telekomunikasi sebenarnya dapat loh diaplikasikan ke dalam dunia permusikan. 

mixer suara

Dengan ilmu yang kalian punya, menjadi sound mixer tentunya menjadi hal yang mudah bagi kalian (jikalau kalian hendak murtad ke sound mixing). Hal-hal seperti modulasi-demodulasi, pemrosesan sinyal dll tentunya tetap akan terpakai di dalam dunia sound mixing. Dan tanpa kalian sadari, prinsip microphone dengan prinsip telepon itu kan sebenarnya tidak jauh berbeda. Dari sini saja kita bisa paham kalau sebenarnya dalam dunia musik, ada sebuah prospek untuk kalian yang mendalami prinsip-prinsip ilmu teknik telekomunikasi selama perkuliahan.

Serta beberapa prinsip elektronika yang juga kalian pelajari sebenarnya juga sangat berkaitan dengan ilmu permusikan. Kabel jack, Pick up alat musik, speaker, serta sekarang wireless jack itu semua tentunya memerlukan dasar-dasar elektronika dan juga ilmu pemrosesan sinyal. Maka kehadiran kalian pastinya bagus banget nih dalam dunia industri permusikan (entah di produksi alat maupun di dalam dapur rekaman).

3. Hubungan musik dengan ilmu material

senar gitar

Kebayang gak sih kalau kita produksi senar ternyata materialnya itu sebenarnya terlalu tajam, atau mungkin produksi plastik rrangka alat musik tetapi tanpa adanya pengetahuan soal ilmu rekayasa bahan? Bakal gimana coba? Tentunya kacau dong.

Nah, dari sini saja kita bisa melihat hubungan antara ilmu rekayasa material dengan musik. Meskipun tidak berada di dapur rekaman, tetapi dapur pembuatan alat-alat musik. Dari sini mungkin akan banyak nih anak-anak teknik kimia atau teknik yang melibatkan rekayasa material lainnya yang mulai berpikir untuk masuk ke dalam industri produksi alat musik.

Nah, itulah beberapa dari teknik yang memiliki hubungan dengan dunia permusikan. Mungkin aslinya masih buanyak sekali teknik-teknik yang berhubungan, tetapi kitanya saja yang terkadang kurang jeli dalam melihat peluang itu. Semoga ulasan ini bisa menambah curiousity dan juga khazanah pengetahuan kalian ya.

Share:

0 Komentar