Fun Fact

Kalau 6 Hal Ini Tidak Ditemukan, Hidup Kita Takkan Sama

Dunia kita dibangun dari penemuan-penemuan para ilmuan. Akan tetapi, jikalau 6 hal ini tidak ada, mungkin dunia kita takkan sama.

Vincent Leonhart Setiawan19 Oktober 2021

Ilmuan dan penemu adalah du profesi yang membangun dunia kita dari belakang layar. Tanpa mereka, dunia kita takkan sama. Akan tetapi, ada 6 buah penemuan esensial yang mengubah dan menyusun dunia saat ini.  

1. Api

Kita tidak pernah tahu siapa penemu api sesungguhnya. Namun para sejarawan, ilmuwan, dan bahkan para penemu setuju kalau api adalah penemuan paling esensial dalam sejarah manusia. Tanpa api, mungkin kehidupan manusia takkan semaju sekarang ini. Kita mungkin masih menjadi salah satu pecahan spesies dari keluarga kera besar di 2 juta tahun yang lalu. Tanpa api, manusia akan hanya menjadi salah satu spesies lemah di alam. Yang mungkin akan punah karena menjadi santapan hewan-hewan buas lainnya. 

2. Pengairan

 

pengairan sawah

Semua orang tahu kalau teknik sipil adalah salah satu cabang teknik tertua di dunia. Hal ini dibuktikan dengan penemuan pengairan dari 6000 SM di Iran. Peninggalan-peninggalan ini menunjukkan bahwa penemuan irigasi adalah salah satu faktor penting timbulnya peradaban.

Pada masa lampau, peradaban kuat di dunia selalu memiliki sistem irigasi yang kuat. Bangsa Inca, Hindustan, Cina, Romawi memiliki irigasi yang terintegrasi kuat serta tertata rapi. Hal ini dapat dikaitkan dengan betapa pentingnya fungsi air pada zaman dahulu. Dengan adanya air, maka manusia bisa bercocok tanam. Dan dengan kemampuan bercocok tanam, maka peradaban pun dimulai.

Bayangkan, jikalau irigasi tidak pernah ada. Mungkin manusia akan terpisah menjadi kelompok-kelompok kecil yang tidak saling berinteraksi. Mereka akan bergantung pada kemampuan mereka sendiri. Alhasil pertukaran ilmu pengetahuan dan budaya seperti sekarang inipun tidak akan pernah terjadi. 

3. Mesin Uap

Mesin uap bisa dibilang sebagai pendorong terjadinya industrialisasi. Industrialisasi secara langsung maupun tidak langsung mendorong lahirnya penemuan-penemuan zaman modern. Dapat dibilang jikalau zaman modern dimulai ketika industrialisasi lahir. Jika Anda masih belum terbayang seberapa pentingnya industrialisasi, marilah simak uraian singkat berikut. 

Zaman dahulu, ketika manusia ingin memproduksi barang, mereka akan mengumpulkan orang terlebih dahulu. Anggaplah barang tersebut batu bata. Jika seseorang bisa menghasilkan 10 batu bata dalam sehari, maka ia butuh 100 orang unutk membuat 1000 batu bata. Tentunya dana yang dikeluarkan pun akan menjadi banyak, dan produktivitas pun terbatas. 

Namun, dengan hadirnya industrialisasi, manusia memangkas semua kelemahan sistem padat karya tersebut. Sebuah mesin yang sama, mungkin bisa menghasilkan 1000 batu bata atau lebih. Peran manusia yang tadinya untuk membuat dan mengontrol proses pembuatan beralih menjadi pengawasan dan pengoperasian mesin. Tentu saja, dengan adanya hal ini, produktivitas meningkat dan cost menurun. 

Nah, adanya perubahan seperti ini, biaya yang semula untuk pengupahan dan lain-lain dapat dialihkan. Alhasil, pengembangan riset untuk keperluan industri pun mendorong penemuan-penemuan lainnya. Sehingga, kita bisa melihat bahwa dunia sekarang adalah hasil dari industrialisasi.

4. Generator AC

Hidup kita sekarang telah dilalui listrik. Dan banyak orang yang terbantu dengan adanya listrik. Bahkan cabang teknik yang baru pun bisa hadir karena penemuan listrik. Tetapi, bayangkan jikalau generator AC tidak pernah ditemukan.

Listrik kemungkinan tidak akan semasif sekarang. Penemuan generator AC memungkinkan untuk melakukan transmisi listrik jarang jauh dengan voltase tinggi. Yang mana sulit dilakukan dengan sistem DC. 

5. Silicon

Tulang punggung dan nyawa dunia modern terdapat pada penemuan silicon. Dengan adanya silicon, maka barang-barang elektronik bisa dibuat. Mengapa demikian? Karena silicon, sebagai bahan semi konduktor, memprakarsai terciptanya sistem transistor.

Dengan adanya transistor, manusia dapat membuat Logic Gate dan juga Switching Circuit. Ini menjadi dasar dari seluruh prinsip komputer. Pada akhirnya, hal ini pun mendorong dunia digital

6. Vaksin

vaksin covid 19

Tak dapat dipungkiri, penemuan ini adalah salah satu yang terpenting di dunia modern. Penemuan dari Edward Jenner ini terbukti menjadi senjata manusia dalam melawan 2 hal, Virus dan Kematian. Manusia adalah satu-satunya mahluk hidup yang berhasil memperpanjang "life expentancy rate" nya sendiri.

Hal itu diprakarsai dengan penemuan vaksin. Serta, manusia adalah satu-satunya mahluk hidup yang bisa melakukan pembinasaan terhadap Virus. Manusia, berkat vaksinasi cacar, pada akhirnya berhasil menghabisi virus cacar. Sekarang, virus cacar yang masih hidup hanya disimpan di 2 negara adidaya, Rusia dan Amerika. 

Itulah 6 penemuan yang membuat dunia kita menjadi seperti sekarang ini. Tanpa adanya penemuan itu, sepertinya kita akan memiliki dunia yang 100% berbeda. Kira-kira apalagi penemuan di masa depan yang akan mengubah sejarah?

Share:

0 Komentar