Opini

Kamu Gagal? Stop mengeluh! Nih, Wejangan Untuk Kamu

Siapa yang gak pernah gagal? Kemungkinan besarnya tidak ada. Semua orang pasti pernah gagal, tapi bagaimana cara meyikapinya, itu yang menjadi pembeda.

Semua orang pernah mengalami kegagalan

Jikalau ada pembohong paling besar, dia adalah orang yang berkata bahwa dirinya tidak pernah gagal. Siapa sih yang gak pernah gagal? Enggak ada. Semuanya pasti pernah gagal, pernah mengalami keadaan "something shits" terjadi dalam hidupnya. 

Lihatlah Basuki Tjahaja Purnama yang punya pendukung fanatik masih bisa gagal, bahkan sampai masuk penjara. Dan ini merupakan suatu kewajaran. Sebagai manusia, semua orang pernah gagal. Tidak peduli tokoh kecil seperti anda dan saya, ataupun tokoh besar seperti politikus, ilmuwan, dan lainnya. 

Tapi, ini yang membedakan orang hebat dengan orang yang cenderung biasa-biasa saja atau tidak hebat sama sekali. Respon mereka menghadapi kegagalan. Banyak orang yang tidak sadar akan hal ini. Maka ketika kegagalan datang, mereka menyerah. Mereka mengasingkan diri, menarik diri dan menghabiskan sisa hidupnya tenggelam dalam lumpur penyesalan.

Perbedaan orang kuat dan lemah dalam menghadapi kegagalan

Tetapi apa yang dilakukan orang hebat? Jalan lagi! Tempuh jalan yang baru jikalau tidak ada jalan yang terbuka untuk mereka, yang bahkan terkadang mereka buat sendiri. 

Ketika "Shit Happens!", orang yang lemah akan berkata "Ya, ini salahku. Aku tidak akan pernah bisa lari dari kesalahan ini." Lalu hidup mereka pun berkutat pada kesalahan dan kegagalan tersebut. 

Ketika "Shit Happens!", orang hebat akan berkata "Ya, ini adalah salah satu percobaanku yang belum berhasil. Mari kita coba jalan lain. Semoga kita menemui keberhasilan." Lalu mereka memulai kembali dari 0. Kembali ke titik awal, dan memulai sesuatu yang baru.

Kira-kira begitulah perbedaan antara orang  hebat dengan yang biasa-biasa saja atau cenderung orang yang lemah. Orang yang kuat dan hebat tidaklah menyalahkan keadaan ataupun dirinya sendiri.

Mereka melihat bahwa kegagalan karena memang belum bisa dicapai dengan metode yang demikian. Nah, kamu bagaimana? Setelah gagal, apakah kamu ingin menjadi orang yang hebat atau orang yang lemah?

Dan apakah ini hanya bualan saja? Tidak! Steve Jobs adalah orang hebat yang membuktikan kalau memang di saat "Shit Happens!", hal yang terbaik adalah mencoba berjalan terus ke depan dan memikirkan 1001 cara-cara baru untuk sukses. Dia berhasil mengubah Pixar dari yang tadinya hanya studio gagal yang hampir bangkrut menjadi sebuah studio yang luar biasa besar sekarang ini.

Apple, sebuah perusahaan yang hampir mati berhasil disulapnya menjadi raksasa teknologi di masa sekarang. Semuanya berkat ketekunan, kegigihan, dan yang terpenting adalah Point of View Steve Jobs terhadap kegagalan memang berbeda dari para orang-orang yang lemah. 

 

Jadi, sekarang kamu gagal bukan? Kembali saya berikan pilihan kepadamu kalau begitu. Kamu mau maju, mencoba lagi hingga di satu titik kamu menemukan keberhasilan? Atau, kamu mau berhenti, mundur, dan mengasingkan dirimu karena kegagalan yang kamu lakukan? Semuanya ada di tanganmu. 

Dan kalau kamu masih ragu, bacalah dan resapilah satu Quotes ini

Kita tidak pernah diberikan "baju" yang pas pada awalnya. Kita semua akan selalu diberikan tanggung jawab dan tantangan yang lebih besar. Tetapi, inilah yang unik dari manusia. Mereka tidak mundur. Mereka maju, mencoba, berlatih, dan bertumbuh. Hingga di satu titik, "baju kebesaran" itu pun menjadi pas untuk mereka. Dan mereka bangga mengenakan "baju" tersebut.

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait