Opini

Mars : Lapangan Kerja Impian Semua Anak Teknik Masa Depan

Umat manusia tidak akan mungkin bisa bertahan jikalau kondisi bumi tetap menjadi seperti ini. Oleh sebab itu, kita semua membutuhkan kehidupan di planet lain. Mars, mungkin saja menjadi lapangan kerja masa depan.

Menurut NASA, lembaga antariksa Amerika Serikat yang berhasil mengirimkan orang-orang ke bulan, Mars tidak akan pernah bisa kita terraformasi (ubah menjadi keadaan mirip bumi) jikalau menggunakan teknologi yang kita kenal sekarang. B

anyak sekali tantangan yang harus dihadapi dan harus ditangani oleh manusia untuk melakukan terraformasi. Di antaranya, tipisnya oksigen di planet Mars dan juga kurangnya kekuatan magnetosphere Mars untuk menghadapi badai kosmik. 

Apakah artinya misi terraformasi Mars adalah sebuah kemustahilan?

Tentu tidak. 

Beberapa ilmuwan di seluruh dunia telah merumuskan suatu rencana yang disebut sebagai Geoengineering. Hal ini merupakan ilmu multidisipliner yang bertujuan untuk mengubah kondisi bumi, terutama kondisi iklim dan atmosfer demi mencapai tujuan iklim tertentu. Rencana ini dapat dibilang sebagai rem tangan jikalau perubahan iklim yang terjadi terlalu buruk. (definisi dikutip dari : https://www.britannica.com/science/geoengineering)

Nah, apakah anda melihat korelasinya? 

Yup! Sebenarnya kita bukan tidak bisa menterraformasi Mars dalam artian hal itu merupakan sebuah kemustahilan. Hanya saja, kita belum memiliki kapabilitas untuk melakukan hal tersebut karena adanya keterbatasan teknologi yang kita punya.

Sebagai contoh, kita masih belum bisa menjamin jikalau Geoengineering tidak merusak tatanan keseimbangan bumi secara keseluruhan dan permanen. Kita masih belum bisa memperkirakan dan belum mengetahui bagaimana dampak buruk dari Geoengineering secara keseluruhan.

Kalau Geoengineering saja kita belum sanggup bagaimana dengan Terraformasi Mars?

Begitulah logika singkatnya. Tetapi, Mars dengan Bumi memiliki perbedaan yang amat sangat signifikan. Ada satu hal yang istimewa dari Bumi, yaitu para teknisi. Bagi kita semua, mungkin kita tidak akan ada kepikiran dengan pekerjaan di Mars. Akan tetapi, bagi generasi di bawah kita, mungkin mereka akan mulai dikhususkan untuk mempersiapkan diri melakukan Terraformasi planet Mars.

Terraformasi planet Mars mungkin akan menjadi salah satu pekerjaan impian umat manusia di masa depan terutama bagi anak-anak teknik yang dapat bekerja sama dengan disiplin ilmu lain untuk menciptakan teknologi dalam rangka persiapan Terraformasi. Orang-orang dari segala jurusan teknik di seluruh dunia mungkin akan bersama-sama berkolaborasi demi menciptakan Mars yang jauh lebih hijau.

Memang mungkin dalam percobaan awalnya akan menjadi sangat sulit dan memakan korban para anak teknik tadi. Akan tetapi, jikalau memang benar terraformasi Mars menjadi suatu proyek berskala global, bukan tidak mungkin untuk anak-anak teknik memiliki cita-cita menjadi teknisi di bidang Terraformasi Mars. 

Mungkin akan banyak yang tidak setuju dengan pemikiran pribadi saya ini. Namun, biarkanlah saya mengakhiri tulisan singkat ini dengan sedikit Quotes dari karakter anime one piece.

"Jangan remehkan keajaiban, keajaiban hanya terjadi pada mereka yang tak pernah menyerah." - Ivankov.

Semoga keajaiban dapat terjadi bagi mereka yang tidak mau menyerah dalam bermimpi menaklukan semesta. Kita adalah anak-anak dari semesta ini, sudah selayaknya kita bisa mengenal mereka lebih dalam lagi dan menjaga kekayaan yang mereka berikan kepada kita semua. 

Share:

0 Komentar