Kreatifitas

Membayangkan Kalau Benjamin Franklin Kagak Nekat

Emang kacau bapak-bapak Amerika ini. Lagi petir badai, bukannya diem di rumah malah main layangan. Eh tapi, dari main layangan ini banyak rumah di dunia bisa selamat dan juga gedung pencakar langit bisa berdiri megah tanpa halangan alam.

Siapa anak listrik yang enggak kenal sama Engkong Benjamin Franklin yang greget bener? Kalo ada, mending buru-buru tobat deh. Masa engkong di dunia kelistrikan dia kagak kenal?!

benjamin franklin

Tapi tidak apa-apa, di sini bakalan dijelasin dulu nih, siapa engkong Benjamin Franklin ini. Kalau kata Wikipedia.com sih, Benjamin Franklin adalah seorang wartawan, penerbit, politikus, ilmuwan, teknisi, diplomat, filantropis, abolisionis, dan masih banyak lagi deh. Beliau juga salah satu penemu yang cukup berpengaruh di bidang kelistrikan. Selain itu, beliau juga merupakan salah satu bapak bangsa Amerika Serikat yang menandatangani pernyataan kemerdekaan Amerika Serikat. Gokil gak tuh?

Tapi selain itu, ada lagi nih yang lebih gokil dari engkong Benjamin ini. Dia itu orangnya nekat abis. Salah satu percobaannya yang sering disebut sebagai Benjamin Franklin's kite experiment ini merupakan percobaan yang luar biasa berbahaya. Bagaimana tidak? Di tengah hujan badai, engkong Benjamin ini malah nerbangin layang-layang yang dikaitin sama kunci di bagian atasnya. Beliau ingin membuktikan banyak hal soal kelistrikan yang saat itu masih belum terjelaskan dengan baik. 

gambar percobaan layang-layang

Nah tapi pernah gak sob lu bayangin kalau misalnya engkong kita ini orangnya penakut? Nah, di artikel ini, gua berusaha menggambarkan kira-kira bagaimana kalau engkong kita ini enggak nekat.

1. Gedung-gedung pencakar langit gak akan pernah ada

Pernah gak berpikir kalau gak ada yang namanya penangkal petir di atas gedung pencakar langit? Sederhana dan memang sepele keliatannya tetapi itu sebenarnya salah satu unsur penting kenapa gedung pencakar langit bisa berdiri tegak sampai sekarang. 

Tanpa adanya percobaan dari engkong Benjamin yang membuktikan bahwa listrik itu dapat mengalir sebagai fluida kontinu, kita gak akan pernah bisa mengetahui prinsip dari penangkal petir. Dengan adanya percobaan dari engkong Benjamin, kita bisa tahu nih bahwa sebenarnya listrik itu dapat mengalir dari satu titik ke titik yang lainnya. Dengan prinsip ini, maka penangkal petir pun lahir. 

pemasangan penangkal petir

Penangkal petir akan mengalirkan listrik yang menyambar bagian tombak penangkalnya ke dalam tanah dengan menggunakan kabel logam. Keberadaan penangkal petir ini memungkinkan untuk gedung-gedung tinggi seperti gedung pencakar langit tidak mengalami kerusakan ketika terjadi hujan badai yang disertai petir. So, kalau engkong Benjamin gak nekat, kita mungkin gak akan melihat Amerika yang luar biasa gedung pencakar langitnya seperti sekarang ini. 

2. Pengetahuan kita tentang listrik statis akan sangat terbatas

Pernahkah kita berpikir bagaimana kita tahu tentang listrik bermuatan positif atau negatif? Nah, kalau pernah kita harus berterima kasih pada engkong Benjamin Franklin karena telah menemukan prinsip listrik yang bermuatan positif dan negatif. Pengetahuan tentang listrik statis seperti batang bermuatan dll memang telah ada sejak lama untuk keperluan hiburan, tetapi Benjamin Franklin secara terang-terangan membongkar semua itu dan menyusunnya menjadi sesuatu yang bersifat sangat ilmiah. 

Serta jikalau kita engkong Benjamin Franklin enggak nekat, kita mungkin masih berpikir kalau petir adalah suatu elemen yang berbeda yang diturunkan oleh Tuhan untuk menghukum manusia. Tetapi dengan kenekatan engkong Benjamin, kita bisa paham kalau petir sebenarnya adalah bentuk daripada listrik statis yang begitu kuat. Petir dan listrik adalah hal yang sama. Dan ini tentunya membongkar semua miskonsepsi yang ada sebelumnya

3. Kita mungkin masih percaya bahwa air dapat menyimpan listrik

Hal ini memang kurang populer karena kurang greget, namun engkong Benjamin juga memiliki andil dalam pembuktian mengenai Leyden jar. Leyden jar dapat dibilang adalah salah satu cikal bakal baterai, namun banyak orang yang masih salah berpikir kalau yang menyimpan kelistrikan tersebut adalah air yang menjadi konduktor di antara kedua buah gelas.

Dengan pengetahuan engkong Benjamin soal kelistrikan, dan percobaan-percobaan yang dilakukannya, Dia pun membuktikan bahwa yang menyimpan kelistrikan tersebut adalah si kedua gelas bukanlah air. Hal ini pun tentunya menambah pengetahuan manusia soal bagaimana listrik dapat disimpan.

Nah itu tuh sederet kemungkinan kalau engkong Benjamin kagak nekat. Kira-kira ada lagi gak nih kemungkinan yang terjadi kalau nih engkong enggak nekat nerbangin layangan?

Share:

0 Komentar