Kreatifitas

Software-Software Yang Wajib Diketahui Maba Teknik Elektro (MABA WAJIB BACA!)

Anak Elektro pasti banyak membutuhkan software-software untuk menunjang studi dan karirnya. Nah bagi para maba elektro, wajib tahu deh software-software ini agar kehidupannya lebih tenang di elektro.

Vincent Leonhart Setiawan4 September 2021

Anak elektro banyak berkaitan dengan kelistrikan. Namun, seiring berkembangnya jaman, kebanyakan proyek di Elektro memerlukan yang namanya software untuk melakukan simulasi agar meminimalisir kegagalan.

Selain itu, software-software ini juga dibutuhkan untuk membangun sistem di dalam alat-alat yang ada. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa software yang wajib dimiliki bagi para teknisi elektro masa depan. 

1. MATLab

Sebagai seseorang yang akan bergerak di bidang STEM, MATlab adalah sebuah keharusan bagi para teknisi elektro. MATlab sendiri menggunakan basic Matrix untuk menjalankan perhitungan matematis ataupun simulasi suatu sistem yang telah dirancangkan sebelumnya.

Dalam MATlab sendiri terdapat banyak sekali library yang berguna untuk melakukan perhitungan seperti simulasi sinyal, simulasi fuzzy control, dan sebagainya. Namun, dibalik semua kehebatan MATlab di atas, software ini membutuhkan kekuatan device yang juga kuat. Jikalau device kurang kuat, ya tinggal wassalam deh sama devicemu. 

2. Visual Studio Code

Software keluaran microsoft ini bisa dibilang adalah software serba guna bagi para programmer. Eh kan tadi katanya untuk para Teknik elektro, kok Programmer sih?! 

Oh ya jelas, karena programming juga terdapat di dalam salah satu matkul yang wajib di program studi Teknik Elektro. Atas hal itu, VS Code ini merupakan sebuah software wajib yang pastinya sangat berguna di dalam studi maupun pekerjaan seorang teknisi elektro. 

Mau tahu seberapa kuat gambaran dari software ini? Python, C++, C language, JS, dan lain-lain dapat dijalankan oleh software sejuta umat ini. So, sudah jelas ya seberapa wajibnya software ini?

3. Proteus

Kamu mau mendesain sebuah sirkuit elektrik untuk ditaruh di PCB? Nah, Proteus adalah jawabannya. Dengan adanya fitur dari ISIS dan ARES, kamu bisa mensimulasikan sirkuit elektrik yang sudah kamu buat sebelumnya.

Selain itu, kalian juga bisa membuat model PCB dari diagram skematik sirkuit yang telah didesain sebelumnya.

Hendak melakukan pengukuran? Tentu bisa. Hendak melakukan simulasi arduino? Bisa juga. 

Oleh sebab itu, software ini bisa dibilang sebagai salah satu tools atau senjata pamungkas bagi para teknisi elektro. Selain Proteus, ada pula software serupa seperti Tinkercad yang berbasis online maupun PSpice yang jauh lebih senior daripada Proteus. 

4. Arduino IDE

Siapa yang tidak mengenal device sejuta umat ini? Yap, Arduino adalah device yang dapat digunakan untuk membuat prototype dari device yang jauh lebih kompleks. Nah, untuk menjalankan prototype yang ada, kita tentunya perlu menulis code yang akan menjadi sebuah perintah bagi Arduino kita.

Untuk menulis code  tersebut, kita memerlukan sebuah IDE yang bernama Arduino IDE. Arduino IDE sendiri menggunakan bahasa C yang diubah sedemikian rupa sehingga dapat diaplikasikan ke dalam device Arduino yang ada. 

Apakah ini gratis? Oh ya tentu saja. Tidak perlu bajakan dan juga memiliki komunitas yang besar membuat Arduino menjadi sebuah keharusan bagi para calon teknisi elektro. 

5. ETAP

Kalau kita membangun suatu sistem dan skalanya kecil sih meleduk gapapa ya. Mungkin hanya kita yang dirugikan. Tapi bagaimana kalau transmisinya sudah mencapai berpuluh-puluh Megawatt? Wah pasti kalau terjadi apa-apa bisa bahaya. 

Nah, untuk mengurangi kemungkinan kegagalan, maka kita harus melakukan simulasi terlebih dahulu. Untuk melakukan simulasi tersebut, ETAP dapat menjadi salah satu software yang dapat menjadi jawaban. Interface yang tidak terlalu rumit dan juga serba guna dapat menjadi sebuah keunggulan yang dimiliki ETAP.

Seorang teknisi teknik tenaga listrik yang berkaitan dengan arus kuat, sudah pasti wajib nih punya software ini di laptopnya.

Nah, bagaimana? Sudah lebih tercerahkan belum mengenai software-software wajib apa saja yang harus ada di laptop kamu dalam menghadapi perkuliahan di teknik elektro? Kalau ada di antara para senior yang mau nambahin, sabi nih buat nambahin di comment.  

Share:

0 Komentar