Opini

Benarkah Organisasi itu Penting Untuk Mahasiswa?

Organisasi: Penting atau Tidak? Menurut aku sih penting, kalau menurut kalian?

Yessy Thalita Anggreny Simangunsong5 Oktober 2021

Hai, sobat teknik!
Hayo, siapa dari antara kalian yang masih bingung tentang organisasi? Kamu ada di kubu organisasi itu penting atau tidak?


Pernahkah kalian ngerasain pengen masuk organisasi, tapi mendadak galau setelah dengar pendapat orang. So, disini kita akan mengupas tuntas penting atau tidaknya ikut dalam sebuah organisasi.

Sebelum kita mengupas soal organisasi, ketahui dahulu apa sih pengertian dari organisasi?

Pengertian organisasi

Organisasi merupakan wadah atau tempat sekumpulan orang untuk bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini, bukanlah kewajiban bagi seseorang masuk ke dalam sebuah organisasi.

Namun menjadi bagian sebuah organisasi itu adalah untuk mendapat benefit, bukan mencari profit. Lalu, apa aja benefit yang bisa kamu dapatkan jika kamu masuk ke dalam organisasi? Kuy, langsung kita bahas!

Manfaat dan keuntungan mengikuti organisasi

1. Menambah relasi

Yup, buat kamu yang udah join organisasi pasti ngerasain banget hal yang satu ini. Iya, nggak? Bukan hanya relasi di dalam lingkungan sendiri. Tapi bahkan relasi di luar jangkauan kita, yang mungkin ngga pernah kita pikirkan.

Anak kuliahan yang join organisasi pasti relate banget deh sama hal ini. Biasanya ada saja yang menjadikan benefit ini menjadi ajang untuk menunjukkan eksistensi. Karena tidak menutup kemungkinan ada perusahaan yang tertarik merekrut kamu untuk ikut mereka.
 

2. Menambah wawasan

As you know, guys, tidak semua pelajaran dan pembelajaran didapatkan dari sekolah/kuliah. Ada banyak wawasan yang akan kita dapat dari bergabung dengan organisasi. Ada pepatah mengatakan bahwa hidup adalah pembelajaran. Namun ada pengalaman berbeda ketika gabung organisasi dan yang tidak menyentuh keorganisasian. 
 

3. Melatih kepemimpinan

Hayo, siapa yang masih bingung perbedaan antara bos dan pemimpin? Jadi, bos adalah seseorang yang bertindak memberi perintah atau suruhan kepada bawahannya. Sedangkan pemimpin adalah orang yang bertugas memberi perintah dengan motivasi dan nasihat.

Dengan kata lain, pemimpin bekerja dengan cara mengajak dan menjadi contoh bagi bawahannya. Peran pemimpinlah yang bekerja dalam mempengaruhi bawahannya untuk menuju tujuan organisasi tersebut.

Tanpa sosok pemimpin, maka visi dan misi organisasi akan sulit/tidak akan tercapai. Jadi bisa disimpulkan, kepemimpinan atau leadership merupakan satu kunci sukses sebuah tim/organisasi.
 

4. Melatih kemampuan berkomunikasi

Dalam berorganisasi, ada masanya kamu harus berkomunikasi dengan pihak atas atau bawah. Ini bisa membantu kamu dalam proses pencarian jati diri. Serta membuat kamu lebih percaya diri.
 

5. Melatih manajemen waktu

Manajemen waktu adalah sebuah proses yang dijalani oleh seseorang secara bertahap. Khusunya dalam perencanaan serta pengendalian waktu dengan tujuan mencapai sesuatu yang sudah ditargetkan. Ketika kamu memiliki manajemen waktu yang baik, hal besar jauh lebih mudah tercapai. dengan menghabiskan waktu yang lebih singkat.
 

6. Melatih team work

Dalam dunia pekerjaan, kemampuan team work atau kerja tim sangatlah dibutuhkan. Dalam dunia kerja, pekerjaan dilakukan oleh banyak orang untuk mencapai target/kesuksesan. Team work tidak bisa dicari atau dipupuk melalui bimbingan. Kamu hanya boleh mendapatkannya melalui organisasi.
 

7. Melatih problem solving

Pemecahan masalah atau problem solving sangat diperlukan dalam dunia kerja. Memecahkan masalah dalam waktu singkat adalah kemampuan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Walau sudah ikut organisasi, namun masih orang yang belum bisa menyelesaikan masalah

Nah, dari tujuh benefit di atas, apakah kamu masih bingung tentang organsasi? Sebenarnya, penting atau tidaknya organisasi itu kembali ke pribadi masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan visi dan misi pribadi itu sendiri.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait