Opini

Haruskan Mengikuti Program Vaksinasi karena Terpaksa?

Apa alasan kamu mengikuti vaksinasi?

Yessy Thalita Anggreny Simangunsong27 Oktober 2021

Pandemi yang menghantui Indonesia hampir dua tahun mengharuskan kita untuk berusaha berdiam diri #dirumahaja dan keluar dari rumah hanya untuk hal penting dan harus menerapkan protokol kesehatan dengan #Gerakan3M. Sudah banyak korban yang tumbang karena keganasan virus ini. Bahkan para garda terdepan juga sudah banyak yang harus berpulang sebelum menyelesaikan perjuangannya membantu Indonesia melawan virus ini.

Saat ini, negara Indonesia sebagai salah satu negara yang masuk dalam daftar negara yang mengalami pandemi Covid-19 memberikan dan memberi fasilitas vaksinasi gratis sebagai salah satu langkah  dalam mengurangi dan memerangi pandemi ini. Sudah banyak juga informasi yang tersebar terkait dengan vaksinasi ini. 

Mengapa perlu mengikuti vaksinasi covid-19

Apakah kamu sudah vaksinasi? Apa alasan kamu ikut vaksinasi? Ada beberapa alasan orang-orang mengikuti vaksinasi.

  1. Mau ikut serta memerangi covid
  2. Biar boleh masuk sekolah/kuliah tatap muka
  3. Biar boleh rekreasi
  4. Biar boleh nge-mall
  5. Biar boleh liburan ke luar negeri tanpa harus karantina
  6. Biar boleh pulang kampung

Lalu, apa alasanmu ikut vaksinasi? Ingat ya, jangan ikut vaksin karena terpaksa. Mungkin ada beberapa dari kita yang belum mengikuti vaksinasi karena memiliki alasan kesehatan lainnya. Ingat lagi, bahwa ikut vaksinasi bukan karena terpaksa.

Tujuan dari vaksinasi covid-19

Vaksinasi adalah salah satu cara/hal yang dianjurkan oleh pemerintah bagi masyarakat sebagai salah satu cara penanganan penurunan kasus Covid-19. Ikut serta vaksinasi merupakan wujud kontribusi kita sebagai masyarakat Indonesia dalam ikut serta berperang tanpa senjata dengan virus corona ini.

Saat ini, semua negara sedang berusaha dalam pencegahan penularan Covid-19 ini. Semua negara juga sedang berlomba-lomba menciptakan vaksin varian terbaru. Itu dapat diartikan, dimana semua negara memiliki tujuan yang sama yakni bebas dari pandemi Covid-19.

Pasti kalian sudah terbayang, bagaimana nantinya kita saat sudah bebas dari pandemi ini. Hidup tanpa bayang-bayang terpapar covid dan ketakutan tertular covid. Terbebas dari adanya ketentuan wajib masker, terbebas dari segala sesuatu yang online (sekolah online, kuliah online, magang online, kerja online) dan harus berperang dengan jaringan yang tak jarang membuat resah, dan yang pasti bisa bebas hangout bareng teman langsung tanpa platform digital di depan mata. 

Satu hal lagi yang harus kita ketahui bersama, vaksinasi yang sudah kita lakukan belum tentu membuat tubuh kita tidak akan terpapar covid. Sederhananya, vaksinasi adalah salah satu jalan yang ditempuh agar antibodi dalam tubuh kita mengenali virus ini.

Itulah sebabnya sesaat setelah melakukan vaksinasi tubuh kita merasa meriang atau pegal-pegal sebagai wujud reaksi tubuh terhadap perkenalan dengan virus ini. Sehingga apabila (amit-amit) nantinya kita terpapar, maka antibodi di dalam tubuh kita bisa dengan segera memerangi virus ini.

 

Jadi, selalu patuhi protokol kesehatan yang berlaku di negara kita ya!
Karena dari kita, oleh kita, dan untuk kita.
Yuk, bantai pandemi dengan vaksinasi!

Share:

0 Komentar