Pengetahuan

3 Rekomendasi Buku Termodinamika Untuk Mahasiswa Teknik Kimia

Termodinamika sering menjadi topik menakutkan untuk mahasiswa teknik, termasuk mahasiswa teknik kimia. Yuk coba belajar dengan rekomendasi buku termodinamika berikut!

Yulia Sausan Yulia Sausan11 Januari 2022

Termodinamika merupakan salah satu subjek yang dipelajari di jurusan teknik, terutama teknik kimia. Tidak sedikit yang menganggap subjek ini menakutkan karena kompleksitasnya. Untuk membantu proses belajar kamu, yuk coba simak rekomendasi buku termodinamika berikut!

1. Introduction to Chemical Engineering Thermodynamics - Smith, Van Ness dan Abbott

Jual Introduction to Chemical Engineering Thermodynamics by Smith Van Ness  (8th ed) Indonesia|Shopee Indonesia

Buku dari Smith, Van Ness dan Abbott jadi suplemen wajib dan direkomendasikan dosen mata kuliah Termodinamika di seluruh Indonesia (mungkin bahkan dunia). Buku terbitan McGraw Hill ini memiliki 789 halaman yang komprehensif. Isi materi memuat tentang konsep dasar termodinamika, hukum termodinamika ke-0 sampai ke-3, hingga aplikasinya di industri.

Buku ini memiliki lampiran seperti steam table dan diagram termodinamika untuk penyelesaian termodinamika. Hanya saja, sebagai pemula mungkin mengalami kesulitan untuk memahami isi buku ini. Sebab, kurangnya pembahasan dasar yang mendalam.

Gambar pendukung yang dipakai sangat minim, sehingga membuat buku ini terasa agak "berat" untuk dicerna.

2. Fundamentals of Chemical Engineering Thermodynamics - Kevin d. Dahm & Donald Visco

Fundamentals of Chemical Engineering Thermodynamics: Dahm, Kevin D., Visco,  Donald P.: 9781111580704: Amazon.com: Books

Buku yang satu ini bisa dibilang cukup baru dan underrated karena tidak banyak ahli mengacu ke buku ini sebagai referensi. Seperti buku Smith Van Ness, buku ini cukup komprehensif mencover dasar-dasar termodinamika untuk Teknik Kimia.

Hal yang menarik dari buku terbitan Cengage Learning ini adalah gambar pendukung yang sangat banyak. Dengan demikian, pengalaman membaca buku kuliah setebal 794 halaman akan terasa lebih menyegarkan.

Dari segi konsep maupun matematis, buku ini bisa dibilang cukup detail. Di akhir setiap bab dilengkapi summary untuk membantu membantu kamu mengingat isi dari apa yang baru kamu pelajari.

3. The Laws of Thermodynamics: A Very Short Introduction by Peter Atkins

The Laws of Thermodynamics: A Very Short Introduction: Atkins, Peter:  9780199572199: Amazon.com: Books

Jika buku sebelumnya dianggap terlalu "berat" untuk pemula, maka buku dari Peter Atkins bisa jadi buku pendamping. Buku ini lebih menekankan ke penjelasan konsep hukum-hukum termodinamika secara mendalam, nyaris tanpa melibatkan sisi matematis.

Gambar yang digunakan cukup menyegarkan sehingga orang awam "kebayang" konsep yang sedang dibicarakan. Dalam 121 halaman, membuat buku ini lebih cocok sebagai pendamping untuk permasalahan matematis.

Termodinamika memang mata kuliah yang menakutkan untuk beberapa mahasiswa, tapi bukan mustahil untuk ditaklukkan.

Tips memahami termodinamika: pahami konsep, latihan penurunan rumus, perbanyak latihan soal terutama aplikasi di dunia industri, dan nikmati prosesnya.

Yuk, sama-sama belajar termodinamika :).

Share:

0 Komentar