Pengetahuan

Biar Gak Pusing Pelajari Deep Learning

Deep learning bagian dari AI yang sangat penting untuk dipelajari

yunardhika2 November 2021

Bagaimana sih cara google menterjemahkan seluruh halaman web  dalam hitungan detik? Bagaimana sih caranya galeri mengelompokkan gambar atau vidio berdasarkan lokasi, waktu, atau jenis folder? Semua hal tersebut merupakan hasil dari teknologi deep learning. Deep learning sendiri merupakan sebuah perkembakan dari kecerdasan buatan.

Beberapa tahun terakhir ini, kecerdasan buatan berkembang relatif sangat pesat. Masalah yang sangat sulit dipecahkan dapat diselesaikan dengan adanya kecerdasan buatan. Problem tadi dapat diselesaikan dengan sangat simpel. Namun kecerdasan buatan sendiri juga  masih mempunyai problem pada keterbatasan kinerja dan pengetahuan. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut digunakan lah konsep deep learning.

deep learning

Lalu apasih deep learning itu?

Deep learning salah satu bagian dari learning machine yang merupakan bagian dari sebuah artificial intelegent (AI). Kecerdasan buatan adalah sebuah teknologi yang memungkinkan suatu mesin untuk meniru perilaku manusia. Sedangkan machine learning adalah teknik untuk mencapai AI melalui algoritma yang dilatih dengan data.

Nah sedangkan deep learning adalah maching learning yang terinspirasi cara kerja otak manusia. Mesin deep learnig bekerja dengan cara  meniru sistem dasar otak manusia bekerja. Deep learning sering disebut juga dengan jaringan saraf tiruan.

apa itu deep learning

Bagian dari deep learning

Saat ini, deep learning sering dipakai pada aplikasi didunia AI. Wujud syaraf tiruan dari deep learning terbagi 3 bagian yaitu input layer, hidden layer, dan output layer.

Input layer adalah bagian neuron yang bertugas sebagai penerima inputan data kemudian semua sinyal data yang diterima tersebut diteruskan menuju ke hidden layer. Seperti namanya hidden layer merupakan lapisan tersembunyi dimana sinyal data yang telah diimput akan diproses sesuai dengan variabel dan algoritma yang diinginkan.

Semakin banyak jumlah neuron pada hidden layer maka semakin tinggi juga akurasi yang dihasilkan. Kemudian dari hidden layer tersebut akan diteruskan lagi menuju output layer. Output layer merupakan lapisan terakhir untuk melihat hasil pengolahan deep learning dilayer-layer sebelumnya
 

Bagian dari deep learning

Kegunaan deep learning

Dalam kegunaanya deep learning sudah banyak digunakan diberbagai bidang, contohnya:

  • Costumer Service, saat kebanyakan orang berbicara dengan agen dukungan pelanggan. Mereka bahkan tidak menyadari bahwa sebenarnya itu adalah bot pada sisi lain.
  • Malam jaringan saraf perawatan medis mendeteksi sel kanker dan menganalisis gambar MRI buat memberikan hasil  yang lebih rinci.
  • Mobil smart driving yang tampak mirip fiksi ilmiah sekarang mulai menjadi kenyataan. Apple, Tesla, dan perusahaan lainya sudah mulai mengerjakan mobil berbasis smart driving

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan manfaat dari deep learning sendiri adalah

  • Memaksimalkan kinerja suatu data pada perangkat lunak atau situs web.
  • Menghilangkan kebutuhan teknologi untuk rekayasa fitur.
  • Memberikan tampilan hasil yg jauh lebih berkualitas.
  • Mengurangi biaya operasional development.
  • Teknik manipulasi data yg efektif.

penerapan deep learning

 

Share:

0 Komentar