Industri

Proses Perkembangan Revolusi Industri Dari 0.0 Sampai 4.0

Seperti inilah perkembangan mausia mulai dari tak mengenal teknologi sama sekali hingga menjadi manusia yang modern

yunardhika28 Juli 2021

Akhir-akhir ini kita sangat sering mendengar kata revolusi industri. Apa sih revolusi industri itu ?.

Revolusi merupakan perubahan sosial dan kebudayaan secara cepat dan menyangkut dasar-dasar kehidupan masyarakat. Sedangkan revolusi industri adalah perubahan besar terhadap cara manusia dalam mengolah sumber daya dan melakukan proses produksi yang awalnya masih tradisional menjadi semakin modern efisien.

Revolusi industri sendiri sudah mengalami perubahan beberapa kali pada masa sebelumnya. Seiring berkembangnya zaman teknoligi semakin maju dan meningkat.Saat inilah kita sedang merasakan revolusi tersebut yaitu revolusi 4.0. Sebelum ke revolusi 4.0 kita akan membahas bagaimana sejarah revolusi industri mulai dari 0.0 hingga 4.0.

 

gambar revolusi industri

Revolusi 0.0
Revolusi ini terjadi pada saat manusia belum mengenal teknologi, mereka hanya mengenal yang namanya berburu dan bercocok tanam. Cara inilah yang mereka gunakan guna bertahan hidup. Teknologi yang mereka gunakan juga masih sedikit dimana hanya kapak dan alat-alat pertanian, mereka belum mengenal mesin-mesin dan semua pekerjaan dilakukan oleh manusia dan juga hewan.

Revolusi Industri 1.0

Revolusi generasi 1.0 ini merupakan sejarah awal ketika tenaga manusia dan hewan tergantikan oleh mesin. Perubahan secara masif terjadi pada aspek pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan juga teknologi. Revolusi 1.0 ditandai dengan kehadiran mesin uap yang diciptakan oleh james watt yang berdampak kepada pertumbuhan ekonomi.

Revolusi Industri 2.0

Revolusi 2.0 juga dikenal sebagai revolusi teknologi dimana pada era saat ini mesin tenaga listrik sudah ditemukan. dan membuat berkembang pesatnya dunia industri pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.tidak hanya di dunia industri, pada revolusi 2.0 juga merupakan awal berkembangnya ilmu pengetahuan. Di era ini juga para ilmuan modern mulai bermunculan. Seperti nikola tesla, thomas alfa edison, albert einstein dan masih banyak lagi lainya.

Revolusi Industri 3.0

Revolusi industri 3.0 merupakan awal dari revolusi digita dimana dengan mulai ditemukanya sistem komputerisasi. Pada masa ini mulai berubah menjadi eranya informasi dan mulai berkembangnya proses otomatisasi. Dimana mesin-mesin mulai dapat bergerak dan berfikir secara otomatis. Pada masa ini komputer dan internet menjadi awal dimulainya industri 3.0

Revolusi Industri 4.0

Di abad ini semua sistem telah tersambung pada jaringan internet. Industri 4.0 merupakan tren di dunia yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan siber. Di era ini juga mulai berkembang istilah internet of things (IOT), big data, artifical intelligence, 3D printing technology, dan robotic sensor technology. Di industri 4.0 semua menjadi serba digital, otomatis dan praktis.

Itulah bagaimana perkembangan revolusi industri dari 0.0 sampai 4.0. dari perkembangan yang sangat cepat tersebut kita juga harus cepat beradaptasi dalam perkembangan ini. Supaya kita tidak tertinggal dan menjadi gaptek. Kita juga harus terus mengasah skill supaya tidak ketinggalan dengan yang laianya.

skema revolusi industri

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait