Kreatifitas

4 Cara Menjadi Mahasiswa Lifelong Learner, Terus Berkembang dan Berinovasi

Lifelong learner dapat diartikan pula sebagai perjalanan seseorang untuk mencari dan membuat pengetahuan selama masa hidupnya

Minir18 Januari 2022

Indeks prestasi mahasiswa Indonesia, di kancah internasional mulai mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan indeks prestasi dapat terlihat dari banyak nya torehan prestasi mahasiswa di kancah global. Prestasi yang ditorehkan terdiri dari berbagai bidang yaitu olahraga, inovasi, dan riset.

Seseorang mahasiswa yang memiliki prestasi di kancah internasional tentu tidak lepas dengan prinsip terus berkembang. Bagaimana tidak bila kita lihat tokoh-tokoh mahasiswa berprestasi, ia selalu belajar. Sehingga waktu mereka digunakan untuk memaksimalkan potensi dirinya.

Apa arti dari lifelong learner?

Lifelong learner merupakan sebuah konsep untuk mampu terus terpacu belajar dan belajar. Lifelong learner dapat diartikan sebagai perjalanan seseorang untuk mencari pengetahuan selama masa hidupnya.

Penting untuk dicatat, prestasi yang dimaksud tidak terbatas bidang akademik melainkan non-akademik dan social skills. Salah satunya kamu bisa belajar bahasa asing, yang nantinya akan bermanfaat di masa depan.

Selain itu kamu juga harus jadi mahasiswa yang peka terhadap lingkungan sosial kamu. Agar kamu menjadi mahasiswa yang mampu berprestasi di lingkungan sosial.

Bagaimana cara mengimplementasikan lifelong learner 

Berikut terdapat tips langkah agar kamu bisa menerapkan prinsip lifelong learner.

1. Kenali ketertarikan dan potensi dirimu

Setiap individu pasti memiliki cara nya masing-masing untuk belajar. Sehingga langkah awal yang harus kamu lakukan yaitu mengenali self interest.

2. Buat daftar catatan yang akan kamu pelajari dan yang sudah kamu pelajari

Kita kamu ditanya, apa yang sudah kamu dapat hari ini? Tentu pertanyaan tersebut akan mudah kita jawab ketika memiliki to do list. Tidak jarang jika ingin menjadi lifelong learner harus punya to do list yang baik.

3. Sinkronisasi materi pembelajaran dengan metode belajarmu

Saat kamu sedang ambisius belajar. Apakah kamu pernah menyadari bahwa waktu belajarmu tidak seimbang dengan hasil yang kamu dapat?

Salah satu penyebabnya adalah karena belum sinkron dengan pola belajar kita. Sehingga pola metode belajar kita penting untuk diperhatikan.

4. Buat komitmen dan rencana jangka panjang

Setiap kamu melakukan sebuah pembelajaran, hendaknya kamu berkomitmen agar terus belajar. Biasa prinsip lifelong learner tidak akan lepas dengan sifat komitmen yang saling dipadukan. Selain itu, kamu juga harus mempunyai rencana jangka panjang untuk mencapai prestasi mu.

Saat berbicara lifelong learner, kamu harus berjanji untuk terus belajar dan belajar. Agar wawasan kamu terus meningkat. Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan menerapkan 4 tips langkah diatas.

Kesimpulan, mahasiswa yang berprestrasi pasti memiliki prinsip lifelong learner.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait