Pengetahuan

5 Cara Mengelola Produktivitas 360° Supaya Jauh Lebih Produktif

Keterampilan mengatur dan mengelola waktu adalah sesuatu hal yang tidak mudah. Sehingga waktu itu akan berkaitan erat dengan produktivitas yang kamu hasilkan di dalam kegiatan sehari-hari.

Minir11 Januari 2022

Keterampilan mengatur dan mengelola waktu adalah sesuatu hal yang tidak mudah. Sehingga waktu itu akan berkaitan dengan produktivitas yang dihasilkan di dalam kegiatan sehari-hari. Banyak orang yang melakukan berbagai aktifitas, namun goals yang dihasilkan tidak seimbang. 

Bagaimana cara kita agar bisa mengelola produktivitas 360 derajat produktif?

Berikut penulis akan memberikan tips mengelola produktivitas agar lebih efektif dan produktif.

1. Waktumu adalah kesempatanmu

Manusia memiliki waktunya masing-masing. Waktu tersebut bisa kamu pergunakan yang meliputi kegiatan kegiatan produktif ataupun tidak produktif. Sehingga penting bagi kamu untuk mengelola waktu kamu meningkatkan produktivitas kamu.

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat timeline jadwal kegiatan sehari-hari. Sebagai contohnya adalah dengan cara mengikuti beberapa lomba berkompetisi. Perlu kamu ketahui bahwa orang-orang sukses di dunia sangat menghargai waktu.

2. Melakukan sesuatu hal sesuai dengan passion kamu

Apabila melakukan sesuatu yang didasari dengan kesukaan dan passion, hal ini akan menjadi dorongan untuk lebih produktif. Ketika kamu melakukan sesuatu dengan penuh semangat hasilnya jauh lebih maksimal. Jadi hindari aktivitas yang tidak sesuai passion kamu, karena hal tersebut bisa membuat kamu cepat lelah.

3. Pekerja cerdas bukan pekerja keras

Betapa banyaknya orang yang setiap hari bekerja dengan ekstra tenaga atau pekerja keras. Namun yang dihasilkan dari bekerja keras tersebut tergolong kurang efektif dan tidak efisien.

Berbeda halnya dengan pekerja cerdas. Kamu dituntut untuk bisa bekerja dan berkarya dengan menggunakan logika pemikiran kamu. Dengan kamu bekerja cerdas maka akan menunjang produktivitas kamu menjadi 360° lebih efektif.

4. Melakukan aktivitas awal atau di pagi hari

Orang mudah membuang waktunya dengan sia-sia. Jika berbicara tentang produktivitas, kita harus mengatur dan mengelola waktu aktivitas kita.

Kamu bisa memulai melakukan aktivitas di pagi hari untuk memacu semangat agar terus produktif. Pagi hari adalah waktu yang sangat segar bagi otak kamu untuk mulai berfikir kritis.

5. Buat feedback dan juga tolak ukur indikator produktivitas kamu

Setiap sesuatu hal yang sudah kamu lakukan perlu ada feedback. Dengan adanya feedback, kamu bisa memperbaiki kelemahan kamu. Sama halnya dengan tolak ukur indikator. Setiap kamu memiliki indikator yang sudah dibuat, tujuan kamu lebih terarah dan terukur.

Berbicara mengenai produktivitas merupakan sesuatu hal paling tembakan oleh semua orang. Kesimpulannya, kamu perlu memperhatikan beberapa tips dan trik agar menjadi 360° lebih produktif. 
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait