Opini

5 Tanda Kamu Mendapatkan Kepercayaan dari Atasanmu

Atasan adalah seseorang yang mampu memiliki komando dan wewenang kepada setiap bawahannya. Bagaimana ciri-ciri mendapatkan kepercayaan dari atasan

Minir23 Januari 2022

Pada setiap pekerjaan atau proyek yang kita lakukan pasti saja kita memiliki atasan. 

Atasan adalah seseorang yang mampu memiliki komando dan wewenang kepada bawahannya. Maka, penting bagi kamu ketahui dalam dunia kerja. Atasan memberi perintah berdasarkan tingkat kepercayaan, akan kemampuan yang kamu miliki.

Dalam implementasinya, kamu dapat mengetahui persis apakah atasan kita percaya terhadap kamu?.

Hal-hal tersebut dapat kita amati ciri-cirinya sebagai berikut:

1. Selalu mendapatkan kepercayaan mengerjakan proyek besar

Dalam pekerjaan skala besar, seorang pimpinan perusahaan mencari orang yang bisa dipercaya. Jika atasanmu sering memberi pekerjaan kepada kamu, ada kemungkinan kamu sosok yang dipercaya.

2. Melibatkan dirimu dalam mega proyek

Mega proyek merupakan proyek pekerjaan yang perlu dikerjakan dengan serius. Biasanya atasan akan memilih orang-orang kepercayaannya untuk menjalankan sebuah mega proyek.

Ciri-ciri kamu dipercaya atasanmu ketika kerap mendapatkan mega proyek. Karena pimpinan kamu memiliki keyakinan atas kompetensi yang kamu miliki.

3. Selalu mendapatkan challenge dan mengeksplor dirimu

Banyak orang menganggap bila atasan mu memberi banyak challenge artinya dia tidak suka. Justru hal tersebut kurang benar, karena dibalik challenge tersebut kamu sedang diuji atasanmu.

Atasanmu ingin mengeksplor seberapa kemampuan dan keahlianmu dalam melakukan sebuah pekerjaan. Jika mampu menyelesaikan seluruh challenge maka kamu mendapatkan kepercayaan dari atasan.

4. Selalu mengkritik atas setiap pekerjaanmu

Sebuah kritikan atas hasil pekerjaan yang kamu lakukan, bukan tanpa dasar. Melainkan hal tersebut dilakukan agar mampu memberikan feedback positif bagi diri kamu. Hal tersebut bisa jadi kamu adalah salah bawahan yang dipercayai oleh pimpinan kamu.

Dilain sisi dengan adanya feedback, maka kamu dan atasan bisa lebih dekat dalam hal komunikasi. Dari pendekatan komunikasi tersebut, bisa membawa kamu untuk mendapat kepercayaan dalam menjalankan proyek. 

5. Rutin meminta pendapat dan masukan dari kamu

Seseorang atasan membutuhkan saran dan pendapat dari bawahannya agar bisa men-develop diri nya. Namun, bila kamu sering diminta saran dan pendapat, ada potensi kamu jadi sosok yang dipercayai atasan. Dia percaya dengan masukan dan saran kamu.

Hal ini biasanya dilakukan, saat atasan butuh ide dan gagasan baru yang dimiliki oleh setiap bawahannya. Sehingga seorang atasan akan memilih bawahan yang tepat untuk memberikan pendapat.

Proses peningkatan kepercayaan penting untuk kita lakukan kepada atasan kita. Dengan mendapat kepercayaan dari atasan akan bermanfaat untuk menaikkan citra kamu dalam pekerjaan. Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu mendapatkan promosi untuk naik jabatan.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait