Kreatifitas

5 TIPS JITU MEMBACA YANG EFEKTIF DAN CEPAT

Membaca merupakan sesuatu hal yang menyenangkan bagi beberapa orang, karena diyakini dengan banyak membaca maka akan menambah luas wawasan kita. Namun......

Minir10 November 2021

Sebagian orang meyakini membaca adalah hal yang menyenangkan karena dapat menambah wawasan. Namun sebagian orang punya pandangan lain yaitu membaca buku kurang efektif karena memakan waktu. Namun tidak perlu khawatir bagi Anda pencinta baca buku ataupun kalian yang baru mau untuk gemar membaca buku. 

Berikut penulis mencoba merangkum 5 tips untuk meningkatkan keefektifan Anda saat membaca. Tentunya membaca menjadi sesuatu hal yang lebih menyenangkan.

Tentukan target Bacaan Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan target bacaan. Target bacaaan membuat Anda punya tanggung jawab. Berapa halaman yang harus Anda baca dalam sehari. Namun jangan lupa untuk menentukan target yang realistis pada saat membaca.

Memanfaatkan batas waktu yang telah diatur dan dikelola

Tidak sedikit orang yang membaca dengan durasi waktu yang cukup lama namun hasil bacaan didapat serta ilmu yang di gali hanyalah sedikit saja. Maka penting bagi Anda untuk menggunakan pembatas waktu untuk memberi tanda supaya memudahkan Anda mencari halaman terakhir. Hal ini dilakukan untuk mengetahui progres Anda ketika membaca buku. 

Hindari membaca setiap kata

Membaca kata per kata bukanlah hal yang buruk, namun berisiko memakan waktu lebih lama. Sulit untuk meninggalkan kebiasaan membaca buku per, namun bukan berarti mustahil. Anda harus mencoba agar berhasil untuk membaca menjadi lebih baik.

Jangan mengulang bacaan saat Anda membaca

Ketika belum paham, Anda biasanya akan mengulang apa yang sudah Anda baca. Untuk mengantisipasi, Anda sebenarnya perlu menambahkan durasi membaca. Semakin sering membaca maka kemampuan memahami bacaan dalam lebih terasa

Buatlah summary atau ringkasan saat anda selesai membaca

Anda bisa membuat ringkasan atau summary di bagian halaman yang kosong. Apabila diperlukan, Anda bisa memakai buku catatan agar Anda tidak mudah lupa bagian-bagian yang sudah di baca.

Hal ini merupakan suatu sarana agar anda bisa menarik benang merah dari hasil bacaan yang Anda baca. Tidak heran jika anda ingin bisa terus mengingat apa yang anda bacaan maka anda perlu mencatat dan meringkasnya.

Kesadaran untuk terus meningkatkan minat membaca bukan hal yang mudah. Khususnya pada era digitalisasi dimana buku sudah menjadi tidak primadona lagi di mata . Dilain sisi, Anda perlu untuk  memahami 5 tips diatas agar hasil membaca menjadi lebih efektif. Tentunya dapat menggunakan waktu semaksimal dan seefisien mungkin saat Anda membaca buku. 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait