Fun Fact

6 Fakta Unik Energi Terbarukan Panas Bumi Sebagai Pembangkit Listrik

Energi panas bumi atau yang akrab di sebut dengan Geothermal energy ini merupakan....? Baca selengkapnya di artikel ini.

Minir5 September 2021

Hallo sobat teknik....

INTRODUCE GEOTHERMAL ENERGY

Energi panas bumi atau yang akrab di sebut dengan Geothermal energy ini merupakan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan memiliki potensi besar untuk di kembangan kan sebagai sumber energi masa depan. Adapun kandungan utama dari Geothermal energy adalah meliputi air panas, uap air, serta bebatuan yang ikut bersama mineral dan gas lainnya yang satu sama lain tidak dapat di pisahkan dalam panas bumi.

 

LALU DARI MANA ASAL GEOTHERMAL ENERGY ?

Secara umum sudah banyak orang yang mengetahui bahwa energi panas bumi berasal dari sumber panas yang terdapat didalam perut bumi. Seperti yang kita ketahui energi panas bumi sangat dikait eratkan dengan keberadan dari gunung berapi.

 

CARA KERJA DARI GEOTHERMAL ENERGY

Secara prinsiP dan teknikalnya, energi panas bumi sebagai pembangkit listrik memanfaatkan sumber panas dari gunung api agar dapat memanaskan uap air, lalu diggunakan untuk bisa menggerakan generator turbin dari pembangkit listrik.

6 FAKTA UNIK DARI ENERGI BARU TERBARUKAN PANAS BUMI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK

  1. Indonesia Memiliki Potensi Terbesar Peringkat Ke 2 Setelah Amerika Yang Memiliki Potensi Panas Bumi Yaitu 23,9 Gw. Hal ini dikarenakan wilayah geografis indonesia yang terletak di jalur khatulistiwa dan memiliki banyak gunung berapi yang aktif di berbagai wilayahnya.
  2. Secara segi ekonomi dan pendapatan tentu saja inventasi pengembangan usaha untuk panas bumi memiliki peluang potensi besar dan masih dapat dikatakan tergolong relatif mahal yang di perkirakan mencapai 5-6 Juta USD per 1MW listriknya.
  3. Berbicara mengenai emisi karbon yang dihasilkan Geothermal energy memiliki potensi emisi gas karbondioksida mencapai 0,13 Kg CO per kWh listrik nya. Dalam hal ini Geothermal energy masih belum di katakan ramah lingkungan karean masih menimbulkan emisi karbon jenis gas karbondioksida.
  4. Memiliki potensi pengembangan yang long term/jangka waktu yang panjang yaitu mencapai 6-7 tahun, hal ini meliputi kegiatan yang dimulai dari eksplorasi sampai ke tahap eksploitasi Geothermal energy. Tidak heran jika Geothermal energy merupakan salah satu mega proyek yang besar dan butuh waktu yang cukup lama.
  5. Dapat dilihat bahwa Geothermal energy meiliki peluang keberlanjutan yang cukup lama dan besar hingga beberapa tahun kedepan yang mencapai lebih dari 104 tahun kedepan hal ini akan bisa di capai dengan syarat sistem pengelolaannya mulai dari eksplorasi sampai ke tahap eksploitasi di lakukan dengan benar dan baik.
  6. Pada akhir tahun 2020 tercatat terdapat sebesar 2,13 GW yang dapat dimanfaatkan hasil dari pemanfaatan energi panas bumi yang melihmpah ini.
Share:

0 Komentar