Pengetahuan

Anak Teknik Pertambangan Harus Tahu, 6 Kewajiban Pokok Menjadi Pekerja Tambang

Dalam sebuah pekerjaan tentu ada sebuah tututan kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan.

Minir8 September 2021

Dalam sebuah pekerjaan tentu ada sebuah tututan kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan.

Terutama di dunia tambang pekerjaan yang cenderung memiliki potensi resiko yang besar dan juga tanggung jawab yang besar, tentu dengan adanya kewajiban yang dilakukaan maka akan memaksimalkan kinerja yang dilakukan.

Sebagai acuan yang digunakan dalam kewajiban pekerjaa tambang yaitu sesuai yang tertuang didalam KEPMEN Pertambangan dan energI no. 555 tahun 1995. Yang membahas tentang keselamatan dan kesehatan para pekerja tambang umum yang terdapat pada pasal 32 disebutkan bahwa pekerja tambang  memiliki beberapa kewajiban-kewajiban yang harus di laksanakan sesuai pekerjaannya.

1. Wajib Untuk Mematuhi Seluruh Peraturan Yang Berkaitan Dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Menjadi sebuah keharusan yang mutlak bagi sesorang karyawan untuk mampu mematuhi seluruh peraturan yang ada terutama terkait peraturan kesehatan dan keselamatan kerja yang dapat kita ketahui di dunia pekerja tambang memilki potensi besar terhadap terjadi nya resiko kecelakan kerja. Semua peraturan tersebut harus dan wajib di lakukan oleh seluruh pekerja agar dapat melindunggi pekerja dan juga perusahan terhadap kecelakan kerja yang akan terjadi.

2. Melakukan Dan Melaksanakan Standar Operasional Kerja Seseuai Aturan Yang Telah di Terapkan

Setiap perusahan yang beridiri dan berkejalan tentu memiliki standart operasioanl nya masing-masing terutama pada perusahaan yang bergeerak pada bidang mining indutry yang sangat mengutamakan dan mengedepan kan SOP.

Karyawan memang di tuntut untuk bisa melakukan dan melaksanakan standar- standar yang yang telah di tetapka oleh perusahaan anda bekerja agar baku mutu yang di hasilakan dari kinerja menjadi baik dan sesuai SOP.

3. Melakukan Sebuah Tindakan-Tindakan Sesuai Aturan Apabila Terjadi Sesuatu Yang Di Rasa Dicurigai dan Melaporkan Nya Keatasan/ Pengawas Anda

Kewajiaban yang selanjutnya adalah karyawan harus mampu proaktif dan lincah dalam keadaan genting dan darurat. Hal ini wajib di lakukan ketika terjadi sesuatu hal tidak wajar dan mengganjal, hal yang anda harus lakukan yaitu melaporlkan semua tindakan-tindakn yang mencurigakan tersebut keatasan atau pimpinan di perusahaan anda bekerja.

4. Seluruh Pekerja Tambang Wajib Menggunakan Alat Pelindung Diri Saat Bekerja Diarea Pertambangan

Kewajiban menggunakan Alat pelindung diri merupakan sebuah keharusaan untuk di lakukan oleh seluruh karyawan. Kewajiaban penggunan APD itu sendiri harus di lakukan ketika anda berada di area kerja tambang agar melindungi anda ketika terjadi sebuah bahaya kecelakan kerja.

5. Memberikan Sebuah Informasi dan Keterangan yang Benar dan Valid

Memberikan sebuah informasi dan keterangan yang benar dan valid juga merupakan salah satu dari kewajiaban yang harus dilaksanakan oleh seluruh pekerja tambang. Hal ini dilakukan agar terhindarnya upaya-upaya miskomunikasi dan kebohongan yang akan terjadi di dunia kerja.

6. Setiap Pekerja Berhak Untuk Menyatakan Surat Keberatan Kerja Kepada Atasannya

Kewajiban yang terakahir apabila sesorang pekerja sudah mengalami keberatan kerja di sebuah perusahaan maka dengan wajib dia untuk menyatakan surat keberatan kerja kepada atasannya. Kewajiaban ini wajib dilakukan agar pemenuhan-pemenuhan hak dari karyawan dapat terwujud.

Mengingat bekerja di perusahaan tambang memiliki risiko tinggi, setiap orang yang kerja di sana harus melakukan kewajban demi keselamatan dan kenyamanan bersama. Dan yang terpenting adalah menaati prosedur yang sudah ditentukan. 

Share:

0 Komentar