Industri

Digital Marketing Makin Menggurita di Masa Pandemi Covid 19

Dengan adanya digital marketing Kamu tidak perlu lagi bersusah payah dalam memasarkan dan juga mengenal kan brand produk kamu.

Minir17 Januari 2022

Indonesia merupakan negara dengan tingkat penduduk kelima dengan populasi terbesar. Dengan besar populasi tersebut, para pengusaha besar menjadikan Indonesia sebagai wilayah konsumen terbesar.

Dahulu, Indonesia memang terkenal dengan perdagangan rempah-rempah dan barang. Hal tersebut tidak heran jika Indonesia merupakan negara dengan jumlah transaksi jual beli yang besar.

Menyikapi keberadaan digitalisasi di masa pandemi

Indonesia merupakan negara dengan penggunaan akses digital yang sangat besar. Berdasarkan data We are Social/Hootsuite, pengguna akses internet tahun 2021 menggapai 202,6 Juta.

Dengan Persentase 73,7 % dari total populasi di Indonesia yaitu 274,9 Juta. Dari data tersebut, terlihat masyarakat Indonesia sangat antusias dengan perkembangan Teknologi Informasi dan digitalisasi. 

Mengguritanya digital marketing di Indonesia

Dahulu, proses pemasaran dilakukan secara konvensional atau door to door. Berbeda hal dengan sekarang dimasa pemasaran dilakukan secara digital. Mengguritanya digital marketing sudah terasa sejak awal Covid melanda Indonesia.

Dimana pada saat itu masyarakat membatasi Mobilitas, sehingga akses pemasaran konvensional susah dilakukan. Dengan adanya digital marketing, kamu  dimudahkan untuk memasarkan dan memperkenalkan brand kamu.

Pada penghujung tahun 2021, banyak perusahaan sudah merasakan manfaat dari sistem digital marketing

Apakah tujuan utama dari digital marketing?

Maka dari itu penulis akan merangkum tujuan utama dari penerapan digital marketing.

Terdapat 3 tujuan utama didalam digital marketing yaitu :

  • Membangun brand awareness bisnis kamu.
  • Proses adaptif dan Ikhtiar untuk dapat meningkatkan jumlah penjualan.
  • Membentuk dan membangun jaringan yang selaras dengan value.

Perlu kamu pahami bahwa ada 3 jenis digital marketing yang menggurita di masa pandemi. Berikut adalah penjelasan nya:

Social media marketing.

Social media merupakan tempat yang paling nyaman dan potensial sebagai lokasi marketing. Dengan besar nya penggunaan media sosial, berguna untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas.

Search engine qptimization

Merupakan sistem pencarian Google yang digunakan dalam mengoptimalkan pencarian lewat search engine. Banyaknya kata kunci yang dicari di Google bisa dimanfaatkan untuk proses digital marketing.

Content marketing 

Saat kamu membuat konten-konten yang menarik, hal tersebut akan dilirik banyak orang. Ketika mampu dilirik banyak orang, sehingga mampu digunakan sebagai akses media marketing.

Platform digital marketing di Indonesia

Berikut adalah platform yang digunakan dalam proses digital marketing di Indonesia yaitu:

  1. Instagram 
  2. Facebook
  3. YouTube
  4. WhatsApp
  5. Email.

Kegiatan digital marketing penting agar bisnis kamu mampu dikenal dan diminati oleh calon konsumen. Terutama akses marketing saat ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Kesimpulan nya banyak bisnis yang mampu beradaptasi dan berkembang karena menerapkan digital marketing.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait