Pengetahuan

Eksistensi Dari Pengembangan Sumber Energi Laut di Indonesia

Potensi kekayaan energi laut di Indonesia saat ini bisa diperkirakan sangat besar yaitu menyentuh di angka sekitar 1,8 TW.

Minir19 Januari 2022

Wilayah Indonesia yang sebagian besarnya adalah wilayah Maritim. Sehingga di Indonesia memiliki potensi yang jauh lebih besar untuk pengembangan energi laut.

Namun, saat ini di Indonesia pemanfaatan energi laut masih dikategorikan cukup rendah. Padahal energi ini merupakan energi yang berkelanjutan dan sangat ramah lingkungan.

Apa itu energi laut?

Energi laut adalah sebuah sumber energi yang memanfaatkan gerak laut. Di dalam prosesnya, teknologi yang digunakan tidak menghasilkan emisi CO2. 

Potensi kekayaan energi laut di Indonesia

Potensi kekayaan energi laut Indonesia memang melimpah. Potensi kekayaan energi laut di Indonesia saat ini diperkirakan menyentuh di angka sekitar 1,8 TW. Angka tersebut tidak sedikit, melainkan harapan bagi Indonesia untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Dilain sisi ini bisa membuka peluang bisnis di sektor energi laut. Sehingga bagi kamu yang berminat mengembangkan bisnis energi ini sangat memungkinkan sekali.

Jenis energi laut yang ada di Indonesia

Secara garis besar terdapat 3 Jenis energi laut yang ada di Indonesia, yaitu:

1. Energi gelombang laut

Energi ini memanfaatkan energi kinetik dari gerakan angin sehingga menghasilkan gelombang laut. Singkatnya, energi tersebut mampu menggerakkan piston naik turun yang ada di silinder. Kemudian piston tersebut akan meneruskan energi ke generator.

2. Energi pasang surut air laut

Proses pasang surut air laut disebabkan oleh gaya gravitasi antara bulan dan matahari. Sehingga dengan adanya pasang surut air laut akan bisa menggerakkan sebuah turbin. Lalu turbin tersebut akan dihubungkan langsung dengan generator agar bisa mentransfer energi tersebut.

Selain itu terdapat pula metode piston yang memanfaatkan naik turun nya gelombang laut. Lalu energi tersebut mampu menggerakkan sebuah piston yang ada pada silinder. Kemudian piston tersebut akan terhubung pula dengan generator.

3. Energi OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion )

Proses energi ocean thermal energy conversion memanfaatkan hasil konversi energi termal dari lautan. Terjadi perbedaan suhu antara permukaan laut dengan dasar laut.

Permukaan laut lebih hangat dan dasar laut berpotensi lebih dingin. Sehingga dengan adanya perbedaan suhu tersebut mampu menghasilkan energi listrik.

Kekayaan alam Indonesia memang melimpah, terutama pada aspek sumber daya energy renewable. Sumber energi Terbarukan yang berada di sektor maritim atau lautan sangat menjanjikan.

Maka dari itu, melimpahkannya energi ini bermanfaat untuk mendukung ketahanan energi nasional dan bernilai ekonomis di masa mendatang.

Share:

0 Komentar