Pengetahuan

Memahami Keahlian Literasi Digital pada Mahasiswa Agar Lebih Produktif Dalam Bermedia Sosial

Penting untuk mahasiswa......memahami Keahlian literasi digital agar dapat meningkatkan produktifitas dalam bermedia sosial.

Minir27 Agustus 2021

Pengertian Literasi Digital

Paul Gilster dalam bukunya yang bertema digital literacy mengatakan bahwa literasi digital merupakan kemampuan untuk memahami dan mengaplikasikan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber informasi yang dapat diakses di hp, laptop ,komputer, dan perangkat media lainnya.

Prinsip Dasar Pengembangan Literasi Digital Pada Mahasiswa

Prinsip-pronsip literasi digital sejalan dengan perkembangan dan sistem yang berlaku. Dapat dianalisa bahwa literasi digital ini tentu saja memiliki prinsip-prinsip yang paling umum yang meliputi: pemahaman, saling ketergantugan, faktor sosial, dan juga kurasi.

 

Apakah literasi digital peluang atau tantangan ?

Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna internet terbesar didunia. Diambil dari data Asosiasi Penyelanggara Jasa Internet  Indonesia (APIJII) menyatakan bahwa total pengguna internet di Indonesia pada tahun 2015 adalah 88,1 juta orang. Hal ini dapat di prediksikan bahwa angka ini tumbuh sebanyak 51 persen dalam kurun watktu setahun saja.

Pesat nya perkembangan digital yang terjadi tentu saja menimbulkan dua sisi yang berbeda. Hal ini tidak bisa dihindarkan, melainkannya hanya diminimalisir. Yang menjadi kekhawatiran kita adalah ada sekitar 70 juta orang di Indonesia menghabiskan waktu 6 jam perhari bermedia dan berinternet, baik melalui telepon genggam, komputer, laptop, dan perangkat lain.

Hal ini tentunya saja berindikasi kepada menurunya kegiatan-kegiatan yang bersifat non media sosial, karena hampir seluruh kegiatan mahasiswa sekarang serba berbasis digital. Hingga tidak jarang jika hal ini menjadi kan mahasiswa sulit untuk berliterasi kepada satu sama lainnya.

Namun, tidak perlu khawatir karena di dalam sebuah tantangan tentunya ada pula peluang-peluang yang mampu kita ambil dan manfaatkan. Peluang ini harus mampu dimaksimalkan oleh mahasiswa agar bisa membawa dampak baik terhadap perkembangan digital. Banyaknya peluang dari literasi digital diantaranya: makin mudahnya mahasiswa dalam berkomunikasi, munculnya e-commers dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Seberapa Pentingnya Literasi Digital

Beberapa tahun kemarin memang literasi digital membawa bnayak peranan yang cukup baik, hal ini seiring dengan makin baiknya sistem digital yang dihasilkan untuk mahasiswa. Banyak sekali hal-hal yang tidak bisa dilepaskan dari mahasiswa dalam berliterasi digital terutama akhir-akhir ini mahasiswa banyak melakukan kegiatan belajar secara daring. Ditambah lagi masa pandemi ini membuat mahasiswa untuk mampu terus produktif walaupun dihadapkan banyak tantangan.

Pada umumnya literasi digital tentu membawa dampak positif yang cukup banyak kepada mahasiswa, namun yang menjadi kendala adalah belum maksimalnya mahasiswa dalam memahami dan menyikapi dari literasi digital.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait