Pengetahuan

Memahami Teori Market Research untuk Mengeksplorasi Potensi Segmentasi Pasar Dalam Bisnis

Pada dasarnya secara umum pengertian dari market riset terbagi menjadi dua yaitu internal research dan eksternal riset.

Minir7 April 2022

Secara umum, pengertian dari market riset terbagi dua yaitu internal research dan external research.

Internal riset merupakan sebuah proses riset yang dilakukan secara bertahap oleh tim riset perusahaan. Proses riset internal dimulai dari konsep, metode yang dipilih, data collection, analisis, hingga pada tahap reporting.

Sedangkan definisi external research merupakan kegiatan proses penelitian yang dikerjakan oleh pihak kedua. Proses eksternal riset biasanya melibatkan pihak kedua riset ataupun konsultan.

Terdapat dua bagian metode riset yaitu berdasarkan sumber data dan cara pengambilan data.

1. Berdasarkan sumber data

Teknik Pengumpulan Data | Sumber Freepik

Metode riset sumber data merupakan proses penelitian dengan cara mengumpulkan sumber-sumber data yang terkait untuk bahan riset. Biasanya metode riset ini terbagi menjadi dua yaitu primary dan secondary.

Pengertian dari primary data riset. Primary data riset adalah proses penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara. Pada metode reset primary data ini dapat interview, wawancara, dan juga diskusi.

Secondary data riset merupakan strategi yang dilakukan bukan dari primary data reset. Sehingga, secondary data riset biasanya diambil dari media, data-data pemerintahan, data website, juga data-data riset investigasi. 

2. Berdasarkan cara pengambilan data

Teknik Pengambilan Data | Sumber Freepik

Riset ini dilakukan dengan metode yang akan diambil saat memproses data riset tersebut.

Berdasarkan cara pengambilan data terbagi menjadi empat bagian yaitu qualitative research, quantitative research, kompetitif intelijen, dan online survei.

Berikut adalah pemaparan rincinya.

Pengambilan data berdasarkan qualitative research

Penelitian ini biasanya dilakukan saat melakukan riset yang mendalam terkait topik yang diambil. Pengambilan data dilakukan dengan cara interview, diskusi, dan bertanya kepada narasumber.

Pengambilan data berdasarkan kuantitatif

Metode riset yang dilakukan metode riset dengan menggunakan sampling sebagai sumber data risetnya. Proses yang dilakukan berdasarkan hasil sampel uji coba. Sehingga data yang diambil dapat mem representasikan keseluruhan dari populasi riset.

Pengambilan data berdasarkan competitive intelijen

Metode riset dilakukan untuk mengetahui dan mengambil data potensi persaingan pasar yang terjadi. Berdasarkan data tersebut kita mampu memetakan sumber-sumber kompetitif dalam market research.

Pengambilan data berdasarkan online survei

Proses penelitian ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan media ataupun platform online untuk membantu proses riset. Proses riset survei ini dapat dilakukan dengan membuat kuesioner-kuesioner yang akan diisi responden.

Saat ini, pemahaman mengenai metode riset pada bisnis kamu sangatlah penting. Sehingga, kamu mampu memahami cara mengeksplorasi target market mu yang tentunya akan menguntungkan bisnis mu.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait