Pengetahuan

Mengenal Keuntungan Dari (Drill & Blast) Peledak di Area Tambang

Fakta yang mencengangkan adalah pada bahan peledak tambang itu sendiri harus memiliki beberapa kriteria khusus

Minir24 September 2021

Bahan peledak ini tidak sama hal nya dengan bahan peledak seperti di acara hollywood dan tidak seindah di film aksi.....

Fakta yang mencengangkan adalah bahan peledak tambang memiliki beberapa kriteria khusus. Jadi bukan sembarangan behan peledak yang digunakan, melainkan harus ada hal-hal khusus.

proses peledakan di area tambang
sumber gambar. miningforzambia.com

Memang tidak mudah untuk menemukan dan menghasilkan bahan peledak yang sesuai. Khususnya bahan peladak yang cocok untuk pengaplikasian di area pertambangan. Keselamatan harus menjadi faktor yang wajib diperhatikan. 

Pada pembahasan ini terdapat 5 kriteria khusus dari sebuah keberhasilan proses peledakan. Apa saja itu ?

1. Target produksi tercapai

Bahan peledak digunakan untuk memaksimalkan kerja pada saat proses peledakan tanah. Hadirnya bahan peledak tentu saja membuat pencapaian target produksi jauh lebih cepat tercapai. Target produksi bukan lah hal hal yang main-main melainkan harus dengan pertimbangan penuh dalam prosesnya agar saat hasil akhir dari produksi dapat dicapai sesuai target yang telah ditentukan sebelumnya.

2. Penggunaan bahan peledak lebih efisien

Yang dimaksud dengan efisien disini adalah sesuai dengan target yang telah ditentukan. Artinya dalam jumlah batuan yang terbongkar?Kg bahan peledak(power factor). Sehingga secara daya ledak, peledak ini dengan bahan yang tidak terlalu banyak. Namun memiliki daya ledak yang memiliki daya ledak dan cakupan yang luas. Selain dari segi efisien daya ledaknya dengan menggunakan bahan peledak tentu akan menghemat waktu pengerjaan yang kita ketahui apabila tidak menggunakan bahan peledak maka akan memperlama proses penggalian galian tambang.

3. Fragmentasi hasil peledakan seragam

Pada saat proses peledakan itu sendiri diperoleh fragmentasi. Hasilnya berupa batuan berukuran merata dengan sedikit bongkah-bongkahan (boulder). Dengan adanya peledakan yang seragam tentu hal ini berdampak pada tekstur tanah yang sama sehingga pada saat di gali menggunakan excavator jauh lebih mudah.

4. Dinding hasil peledakan stabil dan rata

Bicara soal kestabilan daya ledak, bahan peledak ini memiliki nilai kestabilan yang lebih baik daripada bahan peledak pada umumnya. Disisi lain, juga mampu menghasilkan daya ledak yang merata dan menyeluruh. Bukti keberhasilannya adalah tidak adanya overbreak, overhang, maupun retakan.

5. Minim dampak terhadap lingkungan

Isu lingkungan memang akhir-akhir ini menjadi sebuah perhatian khusus. Ini membuat setiap kegiatan perusahaan yang dilakukan harus patuh dan taat terhadap peraturan. Khusus nya diarea pertamabangan yang menggunakan bahan peledak. Kerusakan dampak lingkungan yang dimaksud adalah : getaran hasil peledakan minim, kebisingan serta lemparan batu/flyrock.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait