Pengetahuan

Negosiasi Skills : Teknik Preparing Negosiasi Pada Mahasiswa

Diantara banyaknya skill. Skills Negosiasi adalah sebuah keahlian khusus yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa......

Minir28 Agustus 2021

cara bernegosiasi

Negosiasi saat ini telah menjadi kompetensi keahlian yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Hal tersebut diperkuat dengan kegiatan sehari-hari baik didalam ataupun diluar kampus yang sedikit besarnya melibatkan keahlian negosiasi.

teknik negosiasi

Bagaimana langkah-langkah melakukan negosiasi

Namun sebelum Anda memulai negosiasi penting untuk melakukan beberapa langkah persiapan agar dapat mensukseskan negosiasi Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Kenali Apa Tujuan Anda..?

Pada awalnya Anda harus mampu mendeskripsikan ide-ide dan langkah tujuan apa yang mendasar untuk melakukan sebuah negosiasi. Baik negosiasi tentang Anda meminta keringan tugas, negosiasi dengan kawan-kawan Anda, dan negosiasi yang lainnya. Jadi sangat penting untuk mengetahui apa tujuan Anda bernegosisasi agar mempermudahkan Anda pada saat mendeskripsikan cerita.

2. Anda Harus Tau Siapa Anda

Berkaca pada saat dan tempat yang tepat adalah sebuah hal yang wajar dan penting, terutama disaat Anda mau bernegosiasi. Perlu untuk Anda mengetahui siapa Anda..? seperti Anda tipikal orang yang seperti apa? Apa latar belakang background Anda?

Dan yang lainnya tentang Anda serta memiliki keterkaitan erat dengan bahasan negosiasi. Hal tersebut dilakukan agar memperkuat citra dan kepercayaan terhadap diri kita.

3. Kenali Lawan Negosiasi Anda

Hal yang paling dekat setelah Anda mengetahui diri Anda adalah penting untuk mengetahui siapa lawan Anda negosiasi?. Penting untuk mampu mengetahui dasar latar belakang lawan negosiasi, serta hal-hal yang krusail yang dapat kita ambil untuk bisa memenangkan sebuah negosiasi.

4. Strategi Perkiraan Tujuan Lawan Negosiasi

Rencanakan semua yang dipikirkan oleh pihak lawan negosiasi, karena dengan mampu memikirkan serta mampu dituangkan ke dalam strategi hal ini akan membuat nilai tambah untuk Anda bisa memenangkan sebuah negosiasi.

5. Membaca Konsep Pemikiran Pihak Lawan

Membaca konsep lawan artinya kita mampu menguasai apa yang dipikirkan oleh pihak lawan negosiasi kita. Hal ini menjadi penting agar Anda bisa mempersiapakan konsep untuk memblock konsep pemikiran musuh supaya proses negosiasi dapat kita menangkan.

6. Tentukan Pokok Utama Pembicaraan

Tentukan pokok awal pembahasan dan yang paling utama karena dengan menentukan pokok bahasan utama akan membuat proses berjalannya negosiasi tidak keluar jauh dari topik pembahasan yang akan di negosiasikan.

7. Pertimbangkan Dan Analisa Bantuan Dari Pihak Lawan

Perbuatan baik yang secara cuma-cuma diberikan kepada kita, tidak selamanya Anda harus terima mentah-mentah melainkan dengan penuh pertimbangan dan pemikiran.  Karena didalam sebuah negosiasi hal ini tidak dapat terelakan dan kita harus mampu memilah-milih agar tetap memenangkan sebuah negosiasi.

8. Buat Strategi Dan Taktik Anda

Perencanaan yang terstruktur dan rapi akan membuat kemulusan sebuah negosiasi tidak jarang jika para negosiator hebat sebelum melakuakan sebuah misi negosiasinya perlu untuk merancang dan mengkonsepkan dari taktik strategi negosiasi yang diambilnya.

9. Amatilah Pemilihan Tempat Dan Waktu

Pemilihan tempat dan waktu merupakan pertimbangan khusus yang harus mampu dikuasai oleh setiap negosiator agar mampu menyesuaikannya dengan strategi secara perencanaan yang telah diambil agar sinkron dengan sebuah keadaan dan waktu.

10. Pertimbangan Alat Bantu Negosiasi

Alat bantu negosiasi menjadi hal yang bisa ditambahkan dan bisa juga tidak tergantung pertimbang yang diambil oleh masing-masing negisiator dalam proses negosiasinya. Adapun alat bantu biasanya meliputi data penguat fakta, jika ditempat yang memungkinkan menampilkan beberapa slide presentasi dan lain sebagainya.

Share:

0 Komentar