Industri

Proses-proses Yang Terdapat di Pertambangan Batu Bara

Berikut penulis berusaha menyajikan beberapa proses yang wajib kita ketahui di area pertambangan Batu bara, penjelasan detail nya sebagai berikut

Minir24 September 2021

PROSES-PROSES YANG ADA DI PERTAMBANGAN BATU BARA

Tahu kah kamu batu bara banyak digunakan untuk kebutuhan industri sebagai sumber energi. Untuk mendapatkan batu bara harus melalui prosedur yang ditentukan di pertambangan batu bara. 

area pertambangan batu bara

Setiap proses harus dilakukan secara urut dan terstruktur. Serta mengikuti instruksi langkah demi langkah. Tujuannya tentu saja agar dapat mengambil batu bara tersebut yang berada didalam bumi.

Berikut penulis menyajikan beberapa proses yang wajib diketahui di area pertambangan Batu bara. Penjelasan detail nya sebagai berikut. 

1. LANDCLEARING.

Landclearing merupakan proses awal pembersihan area lahan dari segala macam vegetasi.  Umumnya tahap awal landclearing dilakukan dengan menggunakan alat berupa excavator dan bulldozer. Sehingga bisa kata bahwa tahap landclearing sebagai tahap awal dalam proses pembersihan area lahan tambang yang akan di lakukan proses eksploitasi.

2. TOP SOIL REMOVAL.

Proses selanjutanya adalah memindahkan lapisan tanah penutup yang mengandung berbagai unsur hara.  Hal ini dilakukan agar top soil ini dapat dipakai kembali saat menutup lubang galian tambang. kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena agar pada saat tambang sudah tidak lagi beroperasi nantinya tanah ini akan digunakan kebali untuk proses penimbunan area lubang tambang supaya pada saat proses reklamasi tanaman yang ditanam cepat untuk tumbuh.

3. BLASTING.

Untuk mempermudah dan menghemat waktu pengerjaan, proses blasting harus dilakukan. Tujuan dari proses ini untuk memisahkan bebatuan kecil dengan bebatuan besar. Proses ini biasanya dilakukan diperusahaan besar yang memiliki jarak dengan pemukiman penduduk yang jauh hal ini dilakukan agar dampak dari ledakan tidak mengenai area penduduk. biasanya untuk tambang-tambang kecil yang dekat area penduduk hal ini biasanya tidak dilakukan.

4. WASTE REMOVAL.

Proses berikutnya adalah proses pengupasan tanah penutup. Istilah ini sering disebut over bourden oleh orang awam.  Pada tahap ini proses pengupasan berfokus pada lapisan tanah bagian atas dari galian. 

5. COAL EXTRACTION.

Coal extraction merupakan sebuah proses pembukan dan pengambilan dari batu bara itu sendiri. Pada proses ini operator wajib melakukan dengan hati-hati. Tujuannya agar batu bara yang tertinggal tidak terkontaminasi zat asing.

6. COAL HAULING.

Setelah berhasil melakukan ekstraksi, selanjutnya batu bara diangkut keluar menggunakan peralatan unit tambang. Berbagai unit pengangkut yang digunakan adalah truck, doubel trailer, kereta, dan alat lainnya.

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait