Pengetahuan

Sales Executive, Wajib Punya 7 Skills Ini

Sales Executive merupakan jabatan tertinggi seseorang sales dibawahnya. Lalu apa itu sales executive? Dan bagaimana cara menjadi sales executive

Minir22 Januari 2022

Didalam sebuah perusahaan pasti terdapat tim penjualan (sales). Sales memiliki jenjang karir mulai dari staff sampai sales executive, jabatan tertinggi.

Permintaan tenaga sales saat ini menjadi primadona, karena hampir semua perusahaan membutuhkan sales. Apalagi jika berbicara sales executive tentu jabatan tertinggi dari seorang sales.

Apa sales executive itu?

Sales executive merupakan jabatan puncak dari seorang sales. Biasanya seorang sales executive memimpin sales di bawahnya.

Maka dari itu seseorang sales executive harus mampu memiliki skills berikut ini

Skills seorang sales executive

1. Percaya Diri

Seseorang yang memiliki jabatan sales executive wajib memiliki jiwa percaya diri yang tinggi. Karena dengan jiwa percaya diri tersebut akan menunjukkan jiwa professional seseorang sales executive.

2. Ambisius

Seseorang sales pasti memiliki target tertentu untuk dicapai. Apalagi jika sales executive pasti terdapat target besar yang harus dicapai. Sehingga jiwa ambisius agar mampu mencapai target adalah sesuatu skill yang wajib dimiliki.

3. Dapat berbahasa asing

Sales executive pasti akan bertemu langsung dengan konsumen di jabatan strategis. Sehingga penguasaan bahasa asing sangat penting.

Hal tersebut akan berakibat fatal bila kamu tidak menguasai asing seperti bahasa Inggris. Terutama saat ini banyak perusahaan menggunakan bahasa Inggris.

4. Berjiwa kompetitif

Dalam dunia sales, persaingan jenis produk yang ditawarkan pasti tidak terelakkan. Namun seseorang sales executive pasti akan bermain dengan elegan saat menghadapi persaingan.

Kompetitif yang dilakukan sales cenderung kepada improvement dari produk yang dibuatnya. Hal ini agar produk nya selalu diminati oleh para konsumen nya. Secara value akan menaikan nilai jual produk.

5. Memiliki kemampuan analisis yang baik

Seseorang yang berada di level top management sering menghadapi permasalahan yang muncul. Sehingga seseorang sales executive harus mampu menganalisa sebuah masalah yang terjadi.

6. Kemampuan bernegosiasi yang tinggi

Saat akan bertemu calon konsumen, sales wajib untuk mampu menguasai keadaan. Caranya dengan melakukan negosiasi. Didalam bernegosiasi yang baik tentu akan membawa keuntungan bagi sales executive.

7. Public Speaking

Keahlian berbicara didepan umum merupakan kemampuan wajib seorang sales. Terutama sales executive, yang akan berkomunikasi langsung dengan para konsumen eksekutif. Maka, dengan public speaking yang bagus, kita akan cenderung lebih profesional dan percaya diri.

Perlu kamu catat bahwa sales executive merupakan jabatan yang diinginkan banyak orang. Sehingga untuk mendapatkan jabatan tersebut perlu memiliki 7 skills khusus tersebut. Dengan 7 skills tersebut kita jauh lebih layak untuk menjadikan seseorang sales executive.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait