Pengetahuan

Tips Jitu Dalam Meminta Kenaikan Gaji Para Pekerja yang Professional

Masih banyak para pekerja yang belum mengetahui Tips jitu meminta kenaikan gaji agar disetujui oleh pimpinan perusahaan anda.

Minir29 Agustus 2021

Seseorang di dalam dunia pekerjaan tentu mementingkan aspek-aspek pemenuhan hak dan kewajiban yang setara dan mampu saling terpenuhi baik perusahaan ataupun karyawannya dengan baik dan setara. Salah satu pemenuhan aspek hak adalah dengan perusahaan memberikan sebuah gaji kepada karyawaannnya atas timbal balik kewajibannya yang telah dilaksankan layaknya seorang karyawan yaitu bekerja untuk perusahaaan.

nego gaji

Namun gaji yang diberikan perusahaan saat ini bisa dikatakan tidak berimbang dengan apa yang sudah dikontribusikan oleh karyawan untuk perusahaan. Maka dari itu penulis mencoba merangkum beberapa cara jitu agar bisa meminta kenaikan gaji yang tentunya dilakukan dengan sikap professional karyawan. Berikut adalah tips jitunya.

1. Ajukan Permintaan Kenaikan Gaji Saat Perusahaan Sedang Jaya 

kenaikan gaji

Karyawan yang cerdas adalah karyawan yang mampu menganalisa, mengamati, dan mengidentifikasi keadaan. Keadaan yang dimaksud adalah keadaan untuk melihat kondisi perusahaan tempat Anda bekerja.

Jika perusahaan Anda sedang mengalami kenaikan profit maka hal tersebut bisa menjadi peluang besar agar bisa menaikan gaji, yang secara otomatis perusahaan tidak sedang mengalami krisis keuangan. Berbalik hal nya jika perusahaan sedang mengalami kerugian hingga bahkan hampir bangkrut tentu saja momen ini sangat tidak tepat untuk Anda melakukan permintaan kenaikan gaji, yang secara logika perusahaan sedang mangalami kendala keuangan. Jadi penting untuk mempertimbangkan kedua hal tersebut sebelum mengajukan Kenaikan Gaji.

2. Ajukan Permintaan Kenaikan Gaji Saat Atasan Anda Gembira

Setelah mengamati perusahaan perlu untuk Anda para karyawan mengetahui pula keadaan pimpinan perusahaan Anda yang di atas Anda jabatannya. Aspek ini tentu sangat menentukan keberhasilan Anda untuk mintaan Kenaikan Gaji. Karena apabila pimpinan Anda sedang dalam mood dan kondisi yang baik maka hal untuk kenaikan gaji adalah hal yang tidak mustahil untuk bisa disetujui.

3. Melakukan Persiapan Dengan Baik dan Matang

melakukan persiapan

Persiapan yang matang perlu dilakukan, karena meminta kenaikan gaji tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan butuh persiapan proses yang terstruktur dan matang dalam perencanaannya. Persiapan ini meliputi 2 point hal di atas serta dengan membuat persiapan baik teknis ataupun non teknis yang dapat mempengaruhi disetujuinya kenaikan gaji tersebut.

4. Intropeksi Diri Hal Apa Yang Anda Rasa Anda Layak Untuk Menerima Kenaikan Gaji

introspeksi diri

Kembali kepenjalasan awal bahwa sebelum melakukan pengajuan kenaikan gaji Anda selaku karyawan perlu untuk mengintropeksi diri Anda apakah Anda layak untuk mengajukan kenaikan gaji. Selain itu Anda juga harus mengimbangi besaran gaji dengan kontribusi apa yang Anda telah berikan kepada perusahaan. Dalam hal ini jika memang kontribusi Anda terhadap perusahaan sudah sangat besar maka Anda bisa dinyatakan layak diri untuk mengajukan sebuah permohonan kenaikan gaji.

5. Hindari Terlalu Memohon Dan Mengancam Akan Mengundurkan Diri

memohon pada wanita

Perlu diingat dan digaris bawahi seseorang karyawan yang professional saat meminta kenaikan gaji tidak cenderung meminta secara paksa layaknya penjahat, dan juga tidak mengemis dengan mamohon secara berlebihan justru hal tersebut bila dilakukan bisa membuat Anda di berhentikan dari pekerjaan Anda karena dianggap kurang professional untuk menjadi karyawan.

 

 

 

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait