Kreatifitas

Tips Jitu Presentasi Karya Tulis Ilmiah

Tips Jitu Presentasi Karya Tulis Berikut adalah beberapa tips bisa dilakukan untuk menyajikan presentasi karya tulis ilmiah

Minir12 November 2021

Perlombaan karya tulis ilmiah merupakan sebuah perlombaan yang banyak diminati oleh pelajar, mahasiswa, dan juga umum. Perlombaan ini akan menyajikan hasil dan juga proses penelitian inovasi yang dihasilkan. Informasi perlombaan karya tulis ilmiah saat ini sangat mudah ditemukan melalui media sosial.

Komponen dari presentasi itu sendiri menampilkan hasil akhir proses penelitian yang dilakukan. Sehingga penting untuk para peneliti ilmiah untuk merangkai presentasinya agar terlihat menarik.

Berikut adalah beberapa tips bisa dilakukan untuk menyajikan presentasi karya tulis ilmiah yang menarik perhatian dewan juri.

1. Opening yang menarik.

Dengan opening yang menarik maka hal ini akan menjadi penentu awal untuk menggugah. Perhatian para dewan juri dan juga audiensi yang menyimak presentasi karya tulis ilmiah yang kita sajikan. Jadi penting untuk Anda merangkai kata-kata opening dengan menarik. Caranya dengan menggunakan sebuah orasi, puisi, atau yel-yel dan nyanyian tertentu.

2. Penampilan.

Penampilan yang menarik tentu membawa kesan profesional saat menyampaikan presentasi karya tulis ilmiah. Sehingga untuk Anda memperhatikan kembali penampilan Anda saat melakukan sebuah presentasi. Gunakan pakaian yang formal seperti dengan menggunakan kemeja ataupun almamater kampus Anda.

3. Body language.

Gaya bahasa dan tata kelola gestur tubuh dikelola dengan baik maka akan mempengaruhi situasi presentasi. Anda juga membawa citra positif bagi para dewan juri dan audiens yang menyaksikan. Salah satu body language yang Anda lakukan adalah menjaga kontak mata dengan audiens. Anda harus gunakan nada atau intonasi yang tegas dan lantang dan ditunjukkan dengan raut wajah yang ramah.

4. Tata kelola dan ketepatan waktu.

Presentasi tulis ilmiah memiliki batasan waktu yang telah ditentukan. Anda harus menyesuaikan waktu presentasi di depan juri dan juga di depan para audiens. Hal ini dapat meminimalisir anda terlalu cepat dan tidak terlalu lambat dalam memaparkan presentasi karya tulis ilmiah.

5. Slide PowerPoint.

Anda harus membuat presentasi PowerPoint yang semenarik untuk mendapatkan perhatian para dewan juri dan juga audiens. Dalam membuat presentasi, perhatikan perpaduan warna, ukuran, font ,dan format pengaturan lainnya. 

6. Confident.

Penting bagi Anda untuk menyampaikan presentasi karya tulis ilmiah dengan rasa optimisme yang tinggi dan mampu mengeksplorasi hasil ide karya tulis ilmiah. Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum presentasi karya tulis ilmiah.

Sehingga kesimpulannya Anda harus memperhatikan dan menerapkan tips-tips jitu untuk melakukan presentasi karya tulis ilmiah supaya presentasi penelitian Anda dapat hasil yang memuaskan.

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait