Opini

Yuk Pahami 4 Fase Dalam Quarter Life Crisis Pada Mahasiswa

Di indonesia Quarter Life merupakan sesuatu hal yang tidak bisa di hindarkan terutama dikalangan para mahasiswa yang menumpuh pendidikan tinggi.

Minir9 September 2021

Dimasa fase-fase saat ini terutama pandemi dimana kita harus mempu bertahan dengan segala perubahan yang terjadi dengan begitu cepat dimulai dari teknologi yang sili berganti hingga pola gaya hidup yang berubah pula.

Masa Quarter Life merupakan sesuatu hal yang tidak bisa di hindarkan terutama dikalangan para mahasiswa yang menumpuh pendidikan tinggi.

Secara definisi Quarter Life memiliki artian sebagai sikap cemas, tahap priode keraguan muncul, kekecewaan dalam hal karir dan pekerjaan, hubungan antar sesama dan beberapa masalah keunangan yang terjadi.

Kapan fase quarter life crysis pada mahasiswa

Pada umum nya proses Quarter Life ini terjadi ketika kita para mahasiswa dengan kisaran umur dari 20 tahun  awal hingga pada pertengahan umur 30 tahun.

Mahasiswa memang rentan dengan Quarter Life hal ini sering melanda para mahasiswa ketika di hadapkan dengan beberapa masalah dan tugas yang terjadi. Selain pada mahasiswa para pekerja juga memiliki peluang untuk terjadi nya Quarter Life terutama para pemuda yang banyak berkarir di perusahaan.

Berikut penulis mencoba untuk merangkum 4 fase yang terjadi dalam masa Quarter Life Crisis di kalangan para Mahasiswa.

 

  1. Fase Exploration/ Eksplorasi.

Dalam tahapan ini kamu akan mulai merasakan siapa jati diri anda..? dan bagaimana jati diri anda. Pada tahap ini biasanya sesuatu hal awal yang terjadi pada diri kamu untuk mengalami dan melawati masa proses perubahan yang terjadi. Tidak heran jika pada tahap ini anda akan mercasakan cemas pada saat memilih sebuah tujuan diri anda.

 

  1. Fase Saparation Time Out/Proses Pembagian Dan Pemisahan Waktu.

Didalam kehidupan tentu saja kita selalu di hadangkan dengan berbagai aktivitas dan kegiatan terutama pada mahasiswa hal ini sering terjadi. Banyak nya tugas dan rutinitas yang kita lakukan sehari-hari tentu saja akan membuat kita cenderung cepat lelah dan bosan.

Sedangkan dari sisi  Fase Saparation Time Out/Proses Pembagian Dan Pemisahan Waktu anda akan mencoba untuk memilah milih dan membagi tugas tugas rutinitas anda sehingga anda akan melakukan rutinitas yang di anggap sangat penting, lalu meninggalkan tugas rutinitas yang di anggap tidak realate dengan kehidupan. Tentu saja pada fase ini anda akan di hadapkan kecemasan dan kebimbangan untuk memilih rutinitas anda.

 

  1. Fase Locked-In/Terkunci Tidak Tau Arah.

Aktivitas demi aktivitas yang kita lakukan setiap hari nya terutama pada mahasiswa yang memiliki banyak tugas, tentu hal ini hal ini akan menimbulkan kegelisahan dan rasa ketidak nyamanan atas seluruh kegiatan yang di lakukan. Pada tahap ini anda akan merasa gelisah, cemas dan bimbang atas semua aktivitas yang anda lakukan khari ini unutuk menuju langkah ke depannya.

 

  1. Dan Fase Rebuilding/Membangun Ulang.

Pada tahapan ini anda akan mencoba membangun ulang keyakinan dan kepercayaan anda untuk berkomitment dan yakin atas semua kegiatan aktivitas yang anda lakukan dengan memahami arti penting tekat kemauan dan tujuan yang akan di tuju dengan pasti.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait