Opini

Pengen Skripsi Cepat Selesai? Yuk, simak 5 cara agar skripsi kamu cepat selesai.

Bingung kenapa skripsi ngga selesai-selesai? Mau tau cara gimana supaya skripsi bisa selesai tepat waktu? Yuk, simak 5 cara ini!

Sebagai seorang mahasiswa, pada akhir semester untuk menentukan kelayakan kita mendapat gelar Sarjana maka kita harus dihadapkan dengan tugas besar yaitu SKRIPSI. Tidak sedikit mahasiswa yang dapat menyelesaikannya tepat waktu bahkan sebelum waktunya (3,5 tahun). Namun, tidak sedikit pula mahasiswa yang harus menyelesaikannya dengan menambah semester. Setiap mahasiswa memiliki kemampuannya maisng-masing dengan kecepatannya menyelesaikan skripsi. Banyak mahasiswa yang memiliki kegiatan lain selain perkuliahan, seperti kepanitian, internship, organisasi dalam kampus maupun luar kampus dan lain sebagainya. Hal itulah yang terkadang menjadikan mahasiswa tidak fokus terhadap apa yang menjadi tugas utamanya sebagai seorang mahasiswa.

Kok bisa ya hal itu terjadi?  Banyak hal yang dapat mempengaruhinya salah satunya yaitu karena apa yang mereka lakukan tersebut adalah passion mereka, sehingga melakukan kegiatan tersebut dengan senang hati dan penuh semangat yang bisa mengakibatkan hilang fokus pada perkuliahan. Namun, disis lain banyak mahasiswa yang juga dapat menyelesaikan skripsi mereka dengan waktu yang cepat walaupun banyak kegiatan lain yang mereka jalani. 

Mau tau cara gimana supaya skripsi bisa selesai tepat waktu? Ini dia 5 cara yang bisa membuatmu menyelesaikan skripsi dengan cepat. Yuk Simak!!

1. Niat yang Sungguh-Sungguh

https://engineering.tamu.edu/
https://engineering.tamu.edu/Caption

Niat, adalah hal utama yang harus ditanamkan dalam diri seorang mahasiswa yang akan menempuh skripsi. Karena jika niat seseorang tersebut sudah tekat dan bulat maka hal tersebut bisa berimbas kepada semangat yang dapat memacu kita agar selalu berprogress dan menyelesaikannya. Terkadang untuk menumbuhkan niat tersebut bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu selain dukungan untuk diri sendiri kamu juga perlu meminta dukungan dari orang terdekatmu seperti orang tua, sahabat, saudara, maupun pacar. Dengan banyaknya orang yang mendukung kamu, maka niat tersebut tidak lama akan tumbuh didalam diri kamu untuk segera menyelesaikan skripsi dan bida membanggakan mereka.

2. Tetapkan Tujuan 

https://interestingengineering.com/

Sering kali mahasiswa melupakan hal ini, seharusnya pada usia 20 tahun-an kamu sudah harus memiliki tujuan hidup. Akan dibawa kemana hidupmu? Seperti apa kehidupan masa depan yang kamu mau? Dengan adanya tujuan tersebut kamu akan lebih mudah untuk melakukan suatu hal dan tetap on the track. Jadi, untuk kamu yang belum tau seperti apa tujuan hidup yang kamu mau. Maka akan lebih baik untuk segera menentukannya, agar kamu tau kapan waktu yang tepat untuk menyelesaikan skripsi kamu. 

3. Manajemen Waktu 

https://createdigital.org

Manajemen waktu adalah kunci dari skripsi kamu. Walaupun hanya terhitung 1 mata kuliah, tapi beban yang ada di dalamnya sangatlah berat dan besar. Tidak hanya dibentuk dalam sks yang lebih besar dari mata kuliah umum, tapi juga dalam hal beban mental. Maka dari itu kamu harus manajemen waktu dengan baik. Banyak cara untuk mengelola waktu kita, salah satunya yaitu dengan membuat daftar kegiatan apa saja yang akan kita lakukan di esok hari. Setelah mengetahui kegiatan apa saja, maka berikan estimasi kapan kegiatan tersebut selesai. Hal ini harus dilakukan agar kamu tau apa yang harus kamu lakukan dan kapan harus selesai. Selain itu juga, dengan membuat daftar kegiatan kamu bisa tau kapan kamu memiliki waktu luang untuk beristirahat dan bersantai.

4. Frekuensi Bimbingan 

https://umanitoba.ca/

Kenapa harus frekuensi bimbingan? Dengan semakin banyaknya kita para mahasiswa berkomunikasi dengan dosen pembing maka kita bisa dengan cepat pula untuk mengetahui perbaikan apa yang harus kita lakukan dalam skripsi kita. Setidaknya kamu harus konsultasi dengan dosen pembimbing kamu paling sedikit satu minggu sekali. Namun, tidak semua dosen pastinya akan langsung menjadwalkan konsultasi kamu. Jadi ketika kamu sedang menunggu untuk jadwal konsultasi, kamu bisa lanjut untuk berprogress. Sehingga tidak ada waktu yang tebuang sia-sia.

5. Konsistensi

https://www.rmit.edu.au/

Konsistensi merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan, namun sebenarnya konsistensi adalah cara terbaik untuk menyelesaikan skripsi. Setidaknya 5-6 hari dalam 7 hari kamu harus berprogress atau dengan kata lain berprogress setiap hari. Memang hal ini terdengar sangat berat dan melelahkan, namun hal inilah yang harus dilakukan. Walaupun dalan 1 hari tersebut kamu hanya memiliki waktu 30 menit sampai 1 jam, kamu harus tetap menyempatkan untuk berprogress. Jika memang tidak ada waktu, sempatkanlah untuk me-review skripsi kamu, membacanya saja. Apa sih tujuannya? Dengan melakukan seperti itu, kamu bisa selalu mengingat dan memahami apa yang kamu tulis di dalam skripsi-mu. Karena jika kamu tidak menyentuh skripsi tersebut dalam jangka waktu yang lama, hal ini bisa berdampak buruk pada skripsimu. Salah satu dampaknya yaitu kehilangan semangat, niat dan juga bisa jadi kamu lupa dengan apa yang akan kamu tulis. 

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar skripsimu cepat selesai. Namun, hal tersebut kembali pada diri masing-masing mahasiswa sejauh mana keinginan mereka dalam mencapai target kelulusan mereka. Selain itu, perbanyaklah doa agar selalu diberikan kelancaran dalam menyelesaikan skripsi kamu. Semoga artikel ini bisa membantu kalian yang sedang berjuang untuk SKRIPSI, TETAP SEMANGAT!!

Share:

0 Komentar