Pengetahuan

10 Peluang Atau Prospek Kerja untuk Teknik Informatika Jenjang S1 (Sarjana) yang Wajib Anda Tahu

Peluang atau prospek kerja bagi lulusan teknik informatika sebenarnya terbuka begitu lebar. Buat Anda yang baru saja lulus jurusan teknik informatika, yuk simak ulasan berikut ini.

Agus Triono18 Agustus 2021

Anak Teknik - Setelah lulus Teknik Informatika bisa kerja apa? Kalau Anda menguasai banyak keahlian pada bidang IT, sehabis lulus nanti Anda tidak akan galau mau kerja apa lantaran peluang kerja Teknik Informatika sangatlah banyak. Lulusan teknik informatika banyak diperlukan industri pada saat ini. Gaji yang ditawarkan pun tidak main-main.

Berikut ini merupakan 10 peluang kerja lulusan Teknik Informatika buat jenjang sarjana yang perlu Anda tahu.

1. Teknopreneur

Teknopreneur
Sumber Gambar : clipartmax.com

Teknopreneur merupakan seseorang entrepreneur yang memanfaatkan teknologi menjadi basis usahanya. Anda sanggup menciptakan bisnis yang telah terdapat pada warga  dengan memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan teknologi, contohnya ojek online & belanja online.

2. UI/UX Desainer

UI-UX Desainer
Sumber Gambar : riyanthisianturi.com

Tugas seseorang UI/UX Desainer merupakan mendesain tampilan (interface) sebuah situs atau aplikasi & memastikan tampilan tadi gampang dipakai sebagai akibatnya sanggup menaikkan kepuasan pengguna.

Baca Juga : 10 Hal Yang Akan Anda Pelajari Di Teknik Informatika

3. System Analyst

System Analyst
Sumber Gambar : techrepublic.com

Pekerjaan ini berhubungan dengan tugas seseorang analis, mencakup penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, & pemilihan sistem operasi yang sempurna buat kebutuhan sebuah industri.

4. Front End Developer

Front End Developer
Sumber Gambar : istockphoto.com

Peluang kerja Teknik Informatika yang berikutnya merupakan front end developer. Tugasnya merupakan merealisasikan rancangan desain yang sudah dibentuk oleh UI/UX Desainer & memastikan desainnya berjalan dengan baik pada seluruh perangkat, baik desktop maupun mobile.

5. Back End Developer

Back End Developer
Sumber Gambar : techrepublic.com

Secara umum, tugas seseorang back end developer merupakan menciptakan Content Management System & memastikan keamanan data dalam situs yang dibangunnya. Apabila terdapat kasus atau bug dalam server, ini sebagai kewajiban back end developer buat menyelesaikannya.

Baca Juga : 5 Cara Terbaik Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

6. Software Engineer

Software Engineer
Sumber Gambar : istockphoto.com

Pekerjaan software engineer hampir sama dengan system analyst, yaitu sama-sama merancang aplikasi yang diperlukan oleh industri pada saat ini. Bedanya, terletak dalam bidang yang wajib  dikuasai. Apabila Anda ingin sebagai seseorang software engineer, Anda perlu menguasai Software Development Life Cycle (SDLC).

7. Network Engineer

Network Engineer
Sumber Gambar : istockphoto.com

Apabila peluang kerja Teknik Informatika sebelumnya berhubungan dengan sistem & aplikasi, profesi ini serius ke jaringan personal komputer  atau telekomunikasi. Tugas utamanya merupakan memastikan sebuah jaringan bisa digunakan,berfungsi baik,& stabil.

8. Desainer Grafis

Desainer Grafis
Sumber Gambar : istockphoto.com

Sarjana teknik informatika juga bisa sebagai seseorang desainer grafis. Anda bisa menentukan bekerja secara freelance atau karyawan tetap. Atau bisa juga membentuk bisnis kerjaan desain grafis sendiri.

9. SEO Specialist

SEO Specialist
Sumber Gambar : istockphoto.com

Tugasnya merupakan menciptakan sebuah laman web sanggup timbul pada laman pertama Google menggunakan istilah kunci tertentu. Meskipun terdengar sepele, tugas ini tidak sanggup dilakukan asal-asalan lantaran memang terdapat ilmunya.

10. Blogger

Blogger
Sumber Gambar : istockphoto.com

Tidak ada yang keliru bila Anda menjadi sarjana teknik informatika ingin berkarir sebagai blogger. Anda bisa menciptakan tampilan blog Anda menjadi lebih keren, menarik lebih banyak pengunjung, timbul pada laman pertama Google sampai akhirnya sanggup Anda monetize.

Nah, itulah 10 peluang kerja Teknik Informatika yang wajin Anda Tahu. Masing-masing profesi membutuhkan satu sampai beberapa keahlian khusus yang perlu Anda kuasai. Untuk itu, sebelum terjun ke dunia kerja, pastikan Anda mempunyai salah satu skill khusus yang diperlukan industri pada saat ini. Untuk itu Anak Teknik hadir dengan kelas-kelas online yang dapat anda ikuti utuk meningkatkan kemampuan skill Anda.

Share:

0 Komentar