Pengetahuan

6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru Sebelum Masuk Dunia Perkuliahan

Sebentar lagi kita memasuki tahun ajaran baru. Buat Anda yang baru saja lulus dari SMA/SMK, yuk simak dulu ulasan ini sebelum Anda memasuki dunia perkuliahan.

Agus Triono28 Juli 2021

Anak Teknik - Ngak terasa ya sebentar lagi kita akan memasuki tahun ajaran baru, nih. Untuk Anda yang telah lulus dari SMA/SMK, ini akan menjadi pengalaman pertamamu masuk ke dalam dunia perkuliahan. Selamat ya! Well, memasuki dunia perkuliahan memang akan menjadi momen yang dinanti-nanti oleh kebanyakan orang. Meski terdengar menyenangkan, tetapi persiapan kuliah menjadi salah satu hal yang sangat memusingkan. Lantaran pindah dari kehidupan SMA/SMK ke universitas adalah fase baru yang pastinya tidak sama banget dengan kehidupan kita sebelumnya.

Oleh karena itu, menjadi mahasiswa baru, kita wajib  mengikuti keadaan menggunakan kehidupan baru ini. Ada banyak hal yang wajib  dipersiapkan buat memulai kehidupan menjadi mahasiswa. AnakTeknik hadir & merangkumnya buat Anda nih calon mahasiswa baru! Yok simak 6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Calon Mahasiswa Baru Sebelum Masuk Kuliah di bawah ini ya!

1. Persiapan Mental: Stop being passive!

Persiapan-Mental

Dunia perkuliahan yang akan dijalani berbeda banget dengan saat SMA/SMK dulu, maka mental Sobat AnakTeknik wajib diubah dulu nih. Mental ‘anak sekolah’ yang kita bawa selama 12 tahun, perlu diubah sebagai mental anak kuliahan. Salah satu hal krusial yang wajib  digaris bawahi yaitu saat kita bersekolah, kita terbiasa ‘diberi’ oleh pihak sekolah. Mulai dari textbook, pekerjaan rumah (PR), ujian yang terjadwal, & sebagainya. Tapi saat jadi mahasiswa, kitalah yang wajib aktif mencari memahami seluruh berita yang terdapat pada kampus. Jadi jangan pasif & mulai persiapkan mental baja buat menghadapi dunia perkuliahan ya guys!

2. Time Management yang Baik

Time-Management-yang-Baik

Sobat AnakTeknik, jam belajar pada sekolah & pada kampus itu tidak sama. Di sekolah kita mempunyai jam belajar yang pasti, misal dari pagi jam 7 hingga sore jam 3. Jadi siap-siap saja menggunakan jadwal kuliah yang akan terkesan berganti-ganti. Belum tentu setiap hari terdapat kuliah, akan tetapi sanggup jadi satu hari full seluruh mata kuliah. Persiapkan diri buat kelas pengganti & kelas tambahan. Ditambah juga menggunakan tugas kelompok, ujian, kepanitiaan & aktivitas non akademik lainnya.

3. Pelajari Tentang Jurusan & Kampusmu

Pelajari-Tentang-Jurusan-dan-Kampus

Masuk ke lingkungan baru membuat kita wajib  menyesuaikan diri dengan dunia tersebut, termasuk dunia perkuliahan. Sebelum masuk kuliah, wajib hukumnya buat mencari informasi penting dari jurusan & kampusmu. Info yang didapat ini akan menjadi senjata yang membantu Anda supaya sanggup menyesuaikan diri dengan lebih mudah nantinya.

Jangan malu bertanya supaya sanggup menyesuaikan diri dengan baik, contohnya pada senior atau sahabat lain, juga pada dosen & staff, khususnya tentang jurusan & kampus. Mahasiswa baru (MABA) wajib beradaptasi diantaranya yaitu mengetahui keadaan lingkungan kampus, sistem pengajaran, sistem nilai, pergaulan, lifestyle & lainnya. Pelajari pula mengenai proses administrasi yang berhubungan dengan aktivitas akademik. Misalnya cara mengurus KRS buat jadwal kuliah & lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Cara Terbaik Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

4. Perbanyak Relasimu!

Perbanyak-Relasi

Awal masuk kuliah adalah waktu yang sempurna buat mencari kenalan sebanyak-banyaknya. Tidak cuma sahabat pada satu jurusan & satu angkatan aja, akan tetapi juga jurusan & angkatan lain! Jangan takut buat berteman menggunakan senior atau abang tingkat ya Sobat AnakTeknik. Lantaran melalui mereka, Anda akan sangat terbantu!

Sebagai maba, hal yang masuk akal jika Anda belum terlalu mengerti seluk beluk perkuliahan. Oleh karenanya berkenalan menggunakan abang tingkat bisa membantumu buat mengetahui hal-hal krusial mengenai dosen, mata kuliah, cara & tips menjalankan aktivitas perkuliahan, & sebagainya. Lantaran itu, perbanyak relasimu & jangan takut buat memulai berkenalan duluan ya.

5. Ketahui Passion-mu & Ikuti Berbagai Kegiatan Non Akademik pada Kampus Anda

Jadi mahasiswa itu tidak hanya belajar atau mengikuti aktivitas akademi saja, kita juga bisa ikut aktif pada kampus melalui banyak sekali wadah & organisasi, salah satunya dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau kepanitiaan.

Bergabung pada komunitas atau organisasi & kepanitiaan akan menambah pengalaman selama perkuliahan. Kamu akan belajar banyak hal dengan ikut pada kepanitiaan & organisasi tersebut. Pengalaman ini juga akan sebagai nilai tambah pada dunia kerja. Lantaran itu, cari tahu komunitas atau organisasi apa aja yang terdapat pada kampusmu kemudian sesuaikan dengan passion-mu!

6. Peralatan Kuliah

Kondisi pandemi ini membuat calon mahasiswa baru perlu mempersiapkan alat-alat penunjang perkuliahan. Khususnya perangkat elektronika misalnya laptop, handphone, pc & lain sebagainya. Buku teks jua perlu dipersiapkan. Lantaran meskipun perkuliahan dilakukan secara daring, sebisa mungkin Anda tetap menerapkan kebiasaan yang baik misalnya mencatat, membuat rangkuman, & lain sebagainya.

Baca Juga : 9 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Universitas

Sebelum masuk kuliah, usahakan kalian telah mengenal jurusan yang kalian ambil. Menjadi mahasiswa jurusan desain pasti mempunyai alat-alat kuliah yang tidak sama dengan mereka yang masuk jurusan teknik. Sesuaikan dengan keadaan jurusan kalian masing-masing ya Sobat AnakTeknik! Termasuk juga perangkat lunak & aplikasi penunjang yang perlu Anda miliki.

Nah itu lah 6 Hal yang Harus Dipersiapkan Calon Mahasiwa Baru Sebelum Masuk Kuliah! Untuk informasi & tips penting lainnya, jangan lupa follow penulis Agus Triono di Instagram, Youtube, dan juga Facebook.

Share:

0 Komentar