Teknologi

Solar Tracker, Kecil Namun Sangat Berguna Bagi Kapal Tenaga Matahari

Dalam era perkembangan teknologi saat ini, banyak penelitian yang terus dikembangkan teiring perkembangan jaman. Salah satu alat yang menjadi sebuah inovasi di bidang kapal tenaga matahari. Yaps, solar tracker.

Alif nur rochmad25 Juli 2021

kapal dengan panel surya

Kapal tenaga matahari itu sendiri adalah sebuah kapal yang sumber energi atau sumber bahan bakarnya dari sinar matahari yang dikonversi menjadi arus listrik oleh converter sob. Untuk lebih lengkapnya tentang kapal tenaga matahari bisa baca postingan tentang Benarkah Kapal Tenaga Matahari Datang dengan Meminta Bantuan Avatar?

Nah, masih bicara tentang kapal tenaga matahari nih sob. Panel surya dalam menangkap sinar matahari pasti besar kecilnya energi yang diterima panel surya sangat bergantung banget tuh sama arah, posisi, serta sudut dari matahari. Kendala dalam kapal pembangkit listrik adalah kesulitan untuk mengikuti arah datangnya sinar matahari nih sob, oleh karena itu kita perlu alat khusus buat ngebantu mengoptimalkan kinerja dari panel surya.

Maka dari itu ditemukanlah sebuah alat yang bisa mendeteksi arah datangnya matahari dan dengan bantuan motor penggerak kita dapat mengarahkan panel surya sesuai dengan informasi dari alat ini. Yups, alat ini bernama Solar tracker, fungsinya yaitu untuk melacak jejak sinar matahari namun nggak bisa melacak keberadaan doi ya sob. wkwkwk

gambar solar tracker

Apa itu Solar Tracker ?

Solar tracker adalah suatu alat pada kapal tenaga matahari yang mampu bergerak dengan dukungan beberapa alat khusus seperti panel surya, alat pengontrol (controller), pengukur tegangan, sensor, motor penggerak, alat pengontrol, pendingin suhu (cooling system), dan alat penunjang lainnya.

Fungsi Solar tracker pada kapal tenaga matahari digunakan untuk mengaktifkan optik agar mampu mengikuti arah dan sumber dari matahari, sehingga energi matahari dapat diterima secara maksimal sesuai dengan sudutnya arah datangnya cahaya sob.

Jadi solar tracker dapat mendeteksi posisi arah datangnya cahaya matahari mulai dari terbitnya matahari hingga matahari tenggelam. Sehingga proses mengubah energi matahari menjadi energi listrik yang dibutuhkan dapat terserap secara maksimal. Dan hal ini sangat bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja panel surya jadi nggak ada yang mager tuh.

Pola radiasi solar tracking

Nah ngomongin solar tracking, kita perlu tau dulu pola radiasi matahari yang mampu dideteksi oleh solar tracking, yaitu :

  1. Radiasi langsung (Beam/Direct Radiation), ini merupakan radiasi bergerak langsung menuju bumi tanpa mengalami perubahan arah. 
  2. Radiasi hambur (Diffuse Radiation),  radiasi ini merupakan jenis yang mengalami perubahan akibat terhalangi partikel zat yang mampu menghamburkan cahaya.
  3. Radiasi refleksi dari benda (Ground Reflection Radiation), radiasi ini akan mengalami perubahan akibat pemantulan cahaya dari suatu benda yang ada di bumi.

pola radiasi matahari

Selain itu sob, ada beberapa alat penunjang dari solar tracker, yaitu :

  1. Charge controller, untuk mengamankan beban berlebih dari panel surya sehingga panel surya tidak cepat rusak.
  2. Inverter, Dimana inverter DC-AC berfungsi untuk mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak – balik (AC).

sistem pembangkit solar cell

Oke, mungkin sekian dulu dan sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya

See you until next time…

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait