Teknologi

7 Aplikasi PC Untuk Tingkatkan Produktivitas Kerja Kamu

Wajib bagi kita untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tentunya, bekerja produktif identik kerja cerdas bukan kerja keras. Berikut adalah 7 aplikasi yang untuk tingkatkan produktivitas kerja.

Andri Marza Akhda10 September 2021

Bekerja yang efektif adalah bekerja dengan prinsip menghemat waktu, biaya dan mobilitas. Tentu saja, defenisi bekerja efeketif tiap orang berbeda-beda sesuai dengan paham yang mereka anut. Namun, secara garis besar bekerja efektif adalah apa yang tadi penulis sebutkan. Sobat Teknik perlu terlebih dahulu menyelaraskan pikiran tentang konsep bekerja efektif, agar pesan utama dari artikel ini tersampaikan.

Yakni, menjadikan Sobat Teknik enggan menggunakan cara-cara yang konvensional atau dalam bahasa lain, kudet.

Memahami Konsep Bekerja Efektif

Pertama, bekerja efektif haruslah dapat menghemat waktu kita.

Ini sangatlah penting, karena sebagian pekerja rela melakukan hal yang sama berulang-ulang.

Otak manusia haruslah bekerja layaknya sebuah komputer. Komputer dapat melakukan 1000 perintah yang sama, hanya dengan 1 intruksi saja. Memang kecerdasaan sebuah komputer ibarat melebihi kecerdasaan yang dimiliki oleh penciptanya, yakni manusia. Namun perlu dicatat, tiidak pernah pencipta sudah pasti lebih hebat ketimbang apa yang diciptakannya.

Kecerdasaan komputer lebih bermakna kepada kecerdasaan sederhana manusia untuk melakukan 1 hal yang manusia tidak dapat lakukan secara konsisten. Hal ini senada dengan apa yang diucapkan oleh pemenang penghargaan John Von Neumann 2020, Michael I Jordan.

Contoh penerapan yang sederhana dari konsep bekerja efektif haruslah menghemat waktu adalah penggunaan kalkulator untuk menghitung. Tentunya Sobat Teknik sudah terbayang dengan apa yang penulis maksudkan. Daripada menggunakan cara konvensional seperti menghitung perkalian dengan pasokan lidi dan sempoa, lebih baik menggunakan kalkulator.

Kedua, bekerja efektif haruslah dapat menghemat biaya.

Masih menggunakan analogi hitung-menghitung. Bekerja efekti haruslah dapat menghemat biaya, daripada harus membeli alat-alat konvensional untuk menghitung seperti sempoa, maka lebih baik membeli kalkulator. Meski harga kalkulator lebih mahal, namun, kalkulator bisa digunakan untuk perhitungan cepat dengan pemakaian yang cukup lama.

Ibarat Sobat Teknik yang membeli smartphone. Lebih baik berkorban sedikit untuk membeli spesifikasi yang bagus sekalian, ketimbang spesifikasi tergolong nanggung. Kita bisa menghemat biaya perbaikan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Ketiga, bekerja efektif haruslah dapat mempersingkat mobilitas

Daripada harus jauh-jauh mendatangi teman hanya untuk sekedar basa-basi, mengapa tidak melakukannya via video call saja ?. Kalau ada yang dekat, kenapa harus yang jauh ?. Ya inilah kata-kata yang sering dengar, namun paling anti di telinga mereka yang sedang LDR (Long Distance Relationship).

Setelah cukup bertele-tele mencari defenisi bekerja efektif yang selaras, saatnya Sobat Teknik mengetahui 7 aplikasi PC untuk bekerja lebih efektif;

Baca juga : 7 Extension Chrome Untuk Tingkatkan Produktivitas Browsing Kamu

1. Ninite

Aplikasi PC Untuk Produktivitas
Ninite

Sebenarnya ninite adalah aplikasi yang didapatkan dari layanan website ninite.com. Jadi dengan aplikasi ini, Sobat Teknik dapat menghemat waktunya untuk download dan install banyak aplikasi sekaligus. Tentunya, aplikasi ini dapat menjadi jawaban masalah Sobat Teknik setelah selesai install sistem operasi. Di mana semua aplikasi yang lokasi penyimpanan data berada di partisi C akan hilang setelah diinstall ulang.

Terdapat 13 kategori yang bisa Sobat Teknik, install dari aplikasi ini, 5 di antaranya yakni;

  1. Web Browser (Chrome, Opera, Firefox, dll)
  2.  Messaging (Zoom, Discord, , Skype, dll)
  3. Document (Foxit Reader, Libre Office, dll)
  4. Imaging (Krita, Blender, GIMP, dll)
  5. Online Storage (Dropbox, Google Backup, dll)

2. Duplicate Cleaner

Aplikasi PC Duplicate Cleaner
Duplicate Cleaner

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang mampu memudahkan Sobat Teknik, untuk mencari file atau folder yang terduplikat untuk kemudian ditata ulang ataupun dihapus.Aplikasi ini memudahkan kita untuk mencari file duplikat yang berisi dokumen yang sama tanpa harus mengingat di mana letak file tersebut secara detail. 

Tentu saja Sobat Teknik bisa mendapatkan kelebihan dari aplikasi dari fitur Pro. Namun, bagi penulis sendiri, fitur gratis sudah lebih dari cukup.

3. Rambox

Rambox
Rambox

Aplikasi apa yang Sobat Teknik gunakan untuk membuka banyak aplikasi berjenis messenger ?. Mungkin di antara Sobat Teknik, masih banyak yang menggunakan cara lama dengan menggunakan bluestacks. Meskipun powerfull, pemakaian bluestacks cukup hadirkan banyak masalah, terlebih unuk perangkat dengan spesifikasi lama.

Solusinya, Sobat Teknik bisa gunakan Rambox. Aplikasi ini mampu menampung banyak akun sosial media termasuk email dalam satu tempat, atau box (kotak). Dengan mode free saja kita sudah bisa gunakan banyak fitur darinya, seperti;

  1. Integrasi dengan 99 aplikasi
  2. Master Password Lock
  3. Session Lock
  4. Do Not Disturb
  5. Sync Apps 
  6. dan lain-lain

4. OBS Studio

OBS Studio
OBS Studio

Selanjutnya adalah OBS Studio, aplikasi yang mampu jadikan proses belajar mengajar online atau WFH (Work From Home) dengan zoom atau google meet jadi lebih jernih. Sebagai yang kita tau, kamera laptop pada umumnya hanya memiliki spesifikasi mega pixel yang seadanya. Hal ini cukup menganggu, terlebih jika rapat online tersebut merupakan hal yang penting, dan Sobat Teknik ingin tampil maksimal.

Sobat Teknik bisa gunakan OBS Studio lalu mengaitkannya dengan kamera smartphone atau kamera yang lebih jernih untuk dapat tampil lebih maksimal.

5. TeamViewer

TeamViewer Untuk Tingkatkan Produktivitas
TeamViewer

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi yang memungkinkan Sobat Teknik untuk dapat bekerja sama dengan teman ataupun dengan klien tanpa harus ketemuan. Aplikasi ini akan memberikan koneksi akses kepada si pengendali agar dapat memasuki desktop perangkat lain, yang tentunya telah diberikan izin. Agar lebih jelasnya, penulis bisa membuka folder IYKWIM Sobat Teknik, setelah Sobat Teknik memberikan akses.

Teruntuk teman-teman, aplikasi ini juga sekarang menjadi sponsor utama dari tim sepakbola dunia, Manchester United.

6. WaveBox

WaveBox Tingkatkan Produktivitas Browsing
WaveBox

Di nomor 6, ada WaveBox. Sekilas aplikasi mirip dengan Rambox, namun punya tampilan yang lebih kompleks. WaveBox adalah aplikasi berbentuk browser yang memudahkan kita untuk melakukan penjelajahan di internet. Tidak hanya itu, dengan aplikasi ini, kita dapat membuat tampilan browser sesuai dengan kehendak kita dengan fitur add widget. Kita juga bisa mengelola akun Google kita, tidak hanya untuk membalas email tapi untuk terhubung pada layanan Google Apps lainnya.

7.  Microsoft PowerToys

Microsoft PowerToys
Microsoft PowerToys

Di urutan terakhir adalah produk asli dari Microsoft bernama Microsoft PowerToys. Aplikasi bisa Sobat Teknik dapatkan di github Microsoft Project. Microsoft PowerToys, memiliki banyak fungsi seperti dapat menjadi user Windows memiliki fitur pencarian ala spotlight MacOs, dan juga memudahkan Sobat Teknik dalam color picker di semua obyek dalam Windows tanpa harus menyimpanya sebagai file image terlebih dahulu.

Terkhusus fitur color picker ini tentunya akan sangat banyak membantu designer ataupun illustrator.

Melalui penjelasan dari akun Microsoft terhadap proyek ini di github, PowerToys direkomendasikan untuk Windows dengan tipe arsitektur x64 atau 64 bit. 

Itulah 7 aplikasi PC yang diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja Sobat Teknik. Kembali ke pengertian bekerja efektif, Sobat Teknik tentunya sudah dapat berkhayal tentang aplikasi-aplikasi PC apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan kunjungi terus Blog Anakteknik

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait